Hasil Olah TKP Kebakaran Rumah Dinas Kapolda Papua Buka Fakta Ini

Kebakaran akibat arus pendek

Timika, IDN Times - Penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah dinas milik Kapolda Papua diungkap polisi. Diduga kuat, penyebab kebakaran berasal dari arus pendek listrik di salah satu ruangan.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor D. Mackbon, saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Rabu (18/1/2023).

1. Olah TKP kebakaran rumah dinas Kapolda Papua

Hasil Olah TKP Kebakaran Rumah Dinas Kapolda Papua Buka Fakta IniBid Labfor Polda Papua dan Sat Reskrim Polresta Jayapura lakukan olah TKP, IDN Times/ Istimewa

Victor Mackbon menerangkan, pasca kebakaran, pihaknya langsung menghubungi Bid Labfor Polda Papua untuk bersama-sama dengan Tim Identifikasi Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota melakukan olah TKP guna memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

"Api baru berhasil dipadamkan satu jam kemudian dengan bantuan enam mobil pemadam kebakaran dari AWC Polda Papua, Polresta Jayapura Kota dan milik Pemerintah Kota Jayapura dengan dibantu mobil suplai air," ujarnya.

Baca Juga: Rumah Dinas Kapolda Papua Kebakaran, Ini Kesaksian Polisi yang Berjaga

2. Sejumlah barang bukti sudah diambil untuk sampel

Hasil Olah TKP Kebakaran Rumah Dinas Kapolda Papua Buka Fakta IniKondisi rumdis Kapolda Papua yang dipasangi garis polisi, IDN Times/ Istimewa

Sejumlah barang bukti telah diambil untuk selanjutnya diteliti di laboratorium forensik.

Namun kesimpulan sementara, ditemukan terjadinya proses melting/peleburan pada kabel listrik dengan temperatur tinggi oleh adanya hubungan arus pendek. 

"Hasil pelaksanaannya didapati informasi bahwa diduga kuat penyebab kebakaran akibat arus pendek listrik, ada barang bukti yang diambil untuk jadi sampel di TKP," kata Victor Mackbon.

Baca Juga: Pendukung Lukas Enembe Rusuh, Kapolda Papua Tangkap 19 Orang

3. Ditemukan kandungan senyawa arson dalam sampel arang

Hasil Olah TKP Kebakaran Rumah Dinas Kapolda Papua Buka Fakta IniKondisi rumdis Kapolda Papua saat terbakar, IDN Times/ Istimewa

Mantan Kapolres Mimika itu menjelaskan, Bid Labfor Polda Papua juga telah mengambil abu dan arang dengan menggunakan metode khusus dan alat khusus untuk mengetahui adanya kandungan senyawa arson pada barang tersebut.

Bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada proses pembakaran dengan sengaja.

"Sejauh ini diketahui bahwa asal api berawal pada area dinding WC Kamar Kapolda dengan area dinding dapur kecil," jelasnya.

Victor Mackbon pun menambahkan, saat terjadi kebakaran Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri beserta keluarga tak berada di kediaman. Sementara untuk kerugian materil sejauh ini belum dapat diperkirakan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya