Comscore Tracker

Kantor Distrik Yakotamo di Paniai Dibakar Orang Tak Dikenal

Polisi dalami kasus pembakaran kantor Distrik Yakotamo

Timika, IDN Times - Kantor Distrik Yakotamo yang berada di Kampung Epoto, Kabupaten Paniai dibakar orang tak dikenal. Dugaan sementara, kejadian tersebut dikarenakan adanya pihak yang tidak terima hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Peristiwa itu terjadi pada Rabu (13/7/2022), sekitar pukul 14.00 WIT. 

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan adanya kasus pembakaran itu. Peristiwa tersebut, masiih diselidiki oleh Kepolisian Resor Paniai.

“Benar, tadi siang sekitar pukul 14.00 WIT terjadi pembakaran kantor Distrik Yatamo Kabupaten Paniai,” kata Kamal saat dihubungi, Rabu.

1. Polres Paniai dalami kasus pembakaran kantor distrik

Kantor Distrik Yakotamo di Paniai Dibakar Orang Tak DikenalKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol, Ahmad Mustofa Kamal IDN Times/ Istimewa

Saat ini pihak kepolisian masih mendalami siapa dalang dari peristiwa itu. Polisi juga masih mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan saksi yang melihat peristiwa tersebut.

“Masih didalami siapa yang melakukan pembakaran itu dan apa motifnya oleh penyidik Satuan Reskrim Polres Paniai, dengan mencari saksi-saksi dan mengumpulkan barang bukti di tempat kejadian,” kata Kamal.

Baca Juga: Lewis Kogoya Disebut Pimpin Pembakaran Kamp Warga di Paniai Papua

Baca Juga: Pembakaran Rumah Warga di Kampung Kimak Buntut Kematian Ali Kogoya

2. Polres Paniai terima laporan dan ke TKP

Kantor Distrik Yakotamo di Paniai Dibakar Orang Tak DikenalKantor Distrik Yakotamo yang dibakar OTK IDN Times/ Istimewa

Kejadian pembakaran kantor distrik itu baru dilaporkan ke Polres Paniai pada pukul 14.45 WIT oleh salah satu warga yang berasal dari Distrik Yatamo.

Menerima laporan itu, pihak kepolisian langsung merespons dengan mendatangi TKP. Namun saat tiba, kondisi kantor sudah habis terbakar.

“Saat anggota tiba di sana, kantor Distrik Yatamo sudah habis terbakar,” kata Kamal.

3. Pembakaran kantor distrik imbas dari pilkades

Kantor Distrik Yakotamo di Paniai Dibakar Orang Tak DikenalKepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol, Ahmad Mustofa Kamal Istimewa/ IDN Times

Kamal menambahkan, beberapa warga yang didapati di sekitar TKP mengatakan, pembakaran kantor distrik itu diduga imbas dari pemilihan kepala kampung.

"Diduga imbas dari Pilkades," ujarnya.

Atas kejadian ini, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Baca Juga: Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana, Ada Apa?

Baca Juga: Komisi II Sarankan Jokowi Keluarkan Perppu Pemilu Usai Pemekaran Papua

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya