KKB Kembali Berulah, Bakar Barak Pora dan Menembak di Intan Jaya 

Tidak ada korban jiwa

Timika, IDN Times - Satu barak milik Pemuda dan Olahraga (Pora) Kabupaten Intan Jaya, Papua menjadi sasaran pembakaran Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Mamba, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (16/8/2022) sekitar pukul 10.37 WIT.

Tidak hanya membakar barak, KKB juga melakukan penembakan secara terarah ke arah Tower Bilogai sebanyak 6 kali, kemudian terjadi kontak tembak.

Baca Juga: Mahfud MD: Musuh Indonesia KKB, Bukan Papua

1. Terjadi kontak tembak

KKB Kembali Berulah, Bakar Barak Pora dan Menembak di Intan Jaya Salah satu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat di konfirmasi membenarkan pembakaran barak milik pemuda dan olahraga Kabupaten Intan Jaya.

“Tadi pagi sekitar pukul 10.30 WIT, kami mendapat laporan, bahwa terjadi pembakaran barak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Mamba Kabupaten Intan Jaya,” ungkap Kamal. 

Kabid Humas menjelaskan, sekitar pukul 10.37 WIT terlihat kepulan asap tebal di Komplek Kampung Mamba, kemudian terdengar bunyi tembakan dari KKB pimpinan Undius Kogoya di beberapa titik yakni sekitar Dusun Bajemba sebanyak 2 kali, sekitar Tower Bilogai sebanyak 2 kali, dan sekitar J.2 sebanyak 2 kali.

“KKB juga melakukan tembakan dari arah Tower Bilogai sebanyak 6 kali yang kemudian dibalas oleh anggota Polres Intan dan Pos Satgas Preventife dan terjadi kontak tembak,” ujar Kamal. 

2. Tidak ada korban jiwa

KKB Kembali Berulah, Bakar Barak Pora dan Menembak di Intan Jaya Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol, Ahmad Mustofa Kamal Istimewa/ IDN Times

Lebih lanjut, Kamal mengatakan, dari kontak tembak tersebut tidak terdapat korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dari kontak tembak ini, namun KKB melakukan pembakaran bangunan kantor pemerintahan yakni Barak Pemuda dan Olahraga Kabupaten Intan Jaya. Saat ini personel gabungan masih melakukan penjagaan dan patroli di seputar Kota Sugapa,” kata Kamal. 

3. Situasi di Intan Jaya aman dan kondusif usai pembakaran

KKB Kembali Berulah, Bakar Barak Pora dan Menembak di Intan Jaya Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal memperlihatkan foto kondisi pesawat Istimewa/ IDN Times

Saat ini situasi di Kabupaten Intan Jaya relatif aman dan kondusif, usai terjadi kontak tembak dan pembakaran barak.

“Situasi di Sugapa Kabupaten Intan Jaya relatif aman dan kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” ujar Kamal. 

Baca Juga: Moeldoko Sebut Perilaku KKB Papua Sebagai Teroris dan Bandit

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya