KKB Kembali Berulah, Serang dan Bakar Camp Mining 81 di Awimbon Papua

Seorang warga menjadi korban karena kena senjata tajam

Timika, IDN Times - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali berulah. Kali ini mereka menyerang dan membakar lokasi camp mining 81 Kampung Kawe Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada Sabtu (05/11) sekitar pukul 18.00 WIT.

Seorang warga bernama Rolmo Aldus Tuenoa (29) menjadi korban dalam penyerangan tersebut. Rolmo menjadi korban setelah mengalami luka sabetan senjata tajam pada pergelangan tangan hingga putus, dan menyebabkan korban kehabisan darah.

Baca Juga: Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di Nabire

1. KKB menyerang di Kampung Kawe, Kabupaten Pegunungan Bintang

KKB Kembali Berulah, Serang dan Bakar Camp Mining 81 di Awimbon PapuaKondisi camp mining 81 yang diserang dan dibakar, IDN Times/ Istimewa

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat dihubungi via Whatsapp membenarkan kejadian tersebut.

"Tadi malam sekitar pukul 18.00 WIT, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi penyerangan dan pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Kampung Kawe, Kabupaten Pegunungan Bintang,” kata Kamal saat dihubungi, Minggu (6/11/2022). 

2. Pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo

KKB Kembali Berulah, Serang dan Bakar Camp Mining 81 di Awimbon PapuaPeralatan di camp mining 81 yang dibakar KKB pimpinan Bocor Sobolim, IDN Times/ Istimewa

Kamal menjelaskan, pelaku adalah kelompok Bocor Sobolim. Lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya, tempat seorang pekerja dipenggal kepalanya.

“Pelaku yang melakukan pembakaran tersebut adalah kelompok Bocor Sobolim dari Yahukimo, dan lokasi TKP bersebelahan dengan TKP sebelumnya yang mana salah satu penambang dipenggal kepalanya,” ungkap Kamal.

3. Korban dievakuasi ke Tanah Merah Boven Digul

KKB Kembali Berulah, Serang dan Bakar Camp Mining 81 di Awimbon PapuaJasad korban saat diturunkan dari helikopter, IDN Times/ Istimewa

Setelah penyerangan tersebut, korban langsung dievakuasi ke Kabupaten Boven Digul untuk dikuburkan. Sedangkan beberapa saksi yang dievakuasi bersama korban telah dimintai keterangan oleh kepolisian.

"Saat ini korban dan saksi-saksi dievakuasi ke Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel, selanjutnya para saksi akan dimintai keterangan," tandasnya.

Kabid Humas menerangkan, saat ini situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif.

“Situasi di Kampung Kawe Kabupaten Pegunungan Bintang relatif aman dan kondusif, personel gabungan terus meningkatkan penjagaan dan patroli,” pungkasnya.

Baca Juga: KKB Papua Tembak Mati 4 Pekerja, Kapendam Mendidih: Kita Basmi!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya