Kronologi Kecelakaan Maut di Trans Nabire: 5 Meninggal, 20 Luka-luka

20 Orang luka-luka dirawat di Rumah Sakit Karitas Timika

Timika, IDN Times - Sebanyak 5 orang warga meninggal dunia dan puluhan luka-luka dalam kecelakaan maut yang terjadi di Jalan Trans Nabire-Timika, Distrik Iwaka, Mimika, Papua Tengah, Selasa (22/11/2022).

Puluhan orang itu diketahui merupakan warga yang tinggal berdekatan dengan kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT Pusaka Agro Lestari (PAL) yang saat itu hendak pergi Kota Timika dengan menumpangi salah satu truk roda 6 berwarna hitam.

1. Truk terbalik setelah ban depan kiri pecah

Kronologi Kecelakaan Maut di Trans Nabire: 5 Meninggal, 20 Luka-lukaSalah seorang anggota Polisi saat melakukan olah TKP, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, kejadian itu berawal ketika truk yang membawa 25 orang dari PT PAL 1, dengan tujuan arah ke Timika SP2 mengalami pecah ban.

Adapun pecah ban sendiri terjadi di bagian depan, sehingga membuat truk langsung terbalik ke arah kanan jalan.

"Dari kecelakaan itu 5 orang meninggal dunia, 19 orang luka ringan dan 1 orang luka berat. Saat ini para korban sudah berada di RSMM Mimika," kata Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (21/11) malam.

Baca Juga: Polri Pertebal Pengamanan di Dogiyai, 400 Orang Mengungsi ke Nabire

2. Kasus kecelakaan sudah ditangani Sat Lantas Polres Mimika

Kronologi Kecelakaan Maut di Trans Nabire: 5 Meninggal, 20 Luka-lukaSalah satu anggota Polres Mimika saat melakukan olah TKP, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas menambahkan, saat ini barang bukti 1 unit truk sudah diamankan ke Polres Mimika. Sedangkan untuk pengemudi hingga kini masih dilakukan penyelidikan oleh Satlantas Polres Mimika.

"Kasus kecelakaan ini telah ditangani oleh Satlantas Polres Mimika," ucap Kombes Kamal.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi untuk membuat situasi tak kondusif.

"Serahkan kasus kecelakaan ini pada Kepolisian, dan akan ditangani secara profesional dan proporsional untuk penegakan hukum," ungkapnya.

“Mari bersama-sama menjaga kamtibmas tetap kondusif sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa guna peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," imbaunya.

Baca Juga: Polisi Nabire Papua Amankan 6 Sopir yang Diduga Timbun BBM

3. Polisi lakukan olah TKP

Kronologi Kecelakaan Maut di Trans Nabire: 5 Meninggal, 20 Luka-lukaSalah satu anggota Polres Mimika saat melakukan olah TKP, IDN Times/ Istimewa

Pasca kecelakaan maut, pihak kepolisian baik dari Polres Mimika, Polsek Kuala Kencana kemudian langsung melakukan olah TKP.

"Iya, tadi kami sudah lakukan olah TKP," kata Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra. 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya