Luka-luka, 7 Penumpang Pesawat Susi Air Dievakuasi Pakai Helikopter

Tim SAR vvakuasi korban gunakan heli caracal

Timika, IDN Times - Sebanyak 7 penumpang (sebelumnya dilaporkan 6) pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat menggunakan heli Caracal milik TNI-AU, Kamis (23/6/2022) pukul 12.00 WIT.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Slamet Suhartono mengatakan, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 7 korban pesawat Susi air yang mengalami kecelakaan saat perjalanan dari Duma ke Timika.

"Kita (tim SAR gabungan TNI Polri) telah melaksanakan tugas kemanusiaan evakuasi korban dari pesawat Susi Air yang terjadi crash," kata Slamet usai evakuasi. 

Baca Juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua 

1. 7 Korban selamat alami luka-luka dirawat di RSUD Mimika

Luka-luka, 7 Penumpang Pesawat Susi Air Dievakuasi Pakai HelikopterKorban saat tiba di RSUD Mimika untuk mendapat penanganan medis Ricky Lodar/ IDN Times

Sebanyak 7 korban selamat pesawat Susi Air berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian ke bandara Mosez Kilangin dengan kondisi luka-luka, kemudian seluruh korban dibawa ke RSUD Mimika untuk mendapatkan penanganan medis.

"Dari 7 korban itu, ada yang patah kaki, patah tangan dan pendarahan tapi semua kondisi selamat dan sudah di evakuasi ke rumah sakit," kata Slamet. 

Baca Juga: Kronologi Pesawat Susi Air Kecelakaan, Awalnya Lost Contact

2. Belum Diketahui Penyebab Jatuhnya Pesawat

Luka-luka, 7 Penumpang Pesawat Susi Air Dievakuasi Pakai HelikopterTim sar gabungan saat mengevakuasi korban istimewa/IDN Times

Hingga saat ini belum dipastikan penyebab terjadinya lost contact pesawat Susi Air (Pilatus Porter PC-6) PK BVM yang berangkat dari bandara Mosez Kilangin Timika tujuan Doema

Untuk memastikan penyebab terjadinya kecelakaan pesawat perlu dilakukan investigasi oleh tim KNKT terkait penyebabnya jatuhnya pesawat nahas tersebut.

"Untuk informasi awal yang kita dapatkan dari pilot bahwa terjadi crash saat perjalanan dari Duma ke Timika, jadi pesawatnya airborn," kata Slamet.

Dari pantauan di lapangan, heli Caracal yang membawa korban tiba di bandara Mosez Kilangin, selanjutnya dibawa ke RSUD Mimika.

Saat tiba di IGD, tim medis langsung menandu 3 korban yang mengalami luka ringan di bagian kaki dan 3 korban lainnya bisa berjalan masuk ke IGD, mereka dalam kondisi sehat.

Berdasarkan laporan yang diterima, pesawat Susi Air PK-BVM take off dari Timika pukul 20.34 utc (05.34 WIT) dan di jadwalkan tiba di Timika kembali sekitar pukul 08.00 WIT.

3. Susi Pudjiastuti kabarkan kecelakaan di Twitternya

Luka-luka, 7 Penumpang Pesawat Susi Air Dievakuasi Pakai HelikopterMenteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti dalam acara Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 di Taman Dirgantara Susi's International Beach Strip, Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (18/6/2022). (IDN Times/Rehia Sebayang)

Pesawat Susi Air mengalami kecelakaan di Papua. Dalam informasi yang disampaikan Susi Pudjiastuti, kecelakaan terjadi pada pesawat rute Timika ke Duma, Papua.

Namun, dipastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan pesawat Susi Air di Papua ini. Kepastian dikatakan Susi dalam akun Twitter-nya disitat Kamis (23/6/2022) pagi.

Saat kecelakaan terjadi, pesawat tersebut tengah mengangkut sejumlah penumpang. Semuanya berhasil selamat. Kata Susi, saat ini tim Basarnas dan TNI sudah bergerak untuk melakukan evakuasi.

"Berita terakhir ada yang selamat. Tim evakuasi Basarnas dan TNI segera bergerak. Alhamdulillah info berita terakhir semua penumpang selamat. Amin YRA," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya