Mimika Satu Data, Dukcapil Rilis Program Paten di Gunung Mesir

Menjangkau masyarakat diseluruh pelosok Mimika

Timika, IDN Times - Berbagai program dan inovasi terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika agar pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bisa menjangkau seluruh masyarakat di seluruh pelosok Mimika demi terwujudnya Mimika Satu Data.

Hal ini nampak dilakukan melalui 'Paten di Gunung Mesir' atau Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan/Distrik Pegunungan Menuju Pesisir, yang digagas Disdukcapil Kabupaten Mimika.

Baca Juga: Cara Ganti KTP Rusak Secara Online dan Manual di Dukcapil

1. Program Paten di Gunung Mesir jangkau masyarakat

Mimika Satu Data, Dukcapil Rilis Program Paten di Gunung MesirStaf Ahli Bidang Hukum, Politik Dan Pemerintahan, Septinus Timang usai memakaikan rompi dan serahkan buku keadaan kepala-kepala distrik, IDN Times/ Ricky Lodar

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo mengatakan, program Paten di Gunung Mesir merupakan wujud dari komitmen Pemkab Mimika melalui Disdukcapil, agar bisa menjangkau masyarakat yang berada di wilayah pegunungan dan juga pesisir.

"Disdukcapil Kabupaten Mimika akan terus menjangkau pelayanan yang selama ini sulit dan tidak terjangkau," kata Slamet, di Hotel Horizon Diana, Jalan Budi Utomo, Kelurahan Timika Indah, Distrik Mimika Baru, Mimika, Papua, Selasa (18/10/2022).

Menurut Slamet, selama ini pelayanan pengurusan adminduk dipusatkan di kota dalam hal ini Kantor Disdukcapil yang berlokasi di pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, SP3 dan juga di beberapa distrik di seputaran kota.

Namun saat ini, pihaknya mengaku akan fokus pada pelayanan pengurusan adminduk di wilayah pegunungan dan pesisir yang sulit dijangkau. "Kami selama ini hanya melayani di seputaran kota, dan hampir 2 tahun ini menjangkau seluruh pelosok," terangnya.

Baca Juga: Era Baru Dukcapil, Semua Data Penduduk Pakai Tanda Tangan Elektronik

2. Masyarakat bisa mengurus langsung adminduk di distrik

Mimika Satu Data, Dukcapil Rilis Program Paten di Gunung MesirSuasana launching Paten di Gunung Mesir Disdukcapil Kabupaten Mimika, IDN Times/ Ricky Lodar

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik Dan Pemerintahan, Septinus Timang mengatakan, pelayanan adminduk di distrik-distrik merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Mimika dalam upaya memberikan pelayanan adminduk secara langsung kepada masyarakat.

"Pembuatan identitas kependudukan yang dilakukan di wilayah distrik nantinya akan berdampak baik kepada masyarakat," kata Septinus Timang.

3. Lurah dan kepala kampung diharapkan ajak warganya

Mimika Satu Data, Dukcapil Rilis Program Paten di Gunung MesirKepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Slamet Sutejo saat menyampaikan laporan, IDN Times/ Ricky Lodar

Untuk itu, ia berharap agar para pemangku kepentingan di tingkat bawah, baik kampung dan kelurahan, agar membantu Disdukcapil melalui imbauan kepada warganya yang belum memiliki adminduk, baik KTP, buku nikah, akta kelahiran agar segera mengurusnya.

"Hadirnya pelayanan 'Paten di wilayah kecamatan/distrik, juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya miliki dokumen adminduk," terangnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya