Pesawat AMA Mendarat Darurat di Senggi Keerom Papua, Penumpang Selamat

Pesawat mendarat darurat akibat cuaca buruk

Timika, IDN Times - Pesawat AMA Jenis PK-RCQ dilaporkan mendarat darurat di wilayah Kampung Molof Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua. Pesawat tersebut terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi, Selasa (28/6/2022), membenarkan kejadian tersebut. 

Ia mengatakan, pesawat AMA Jenis PK-RCQ yang dipiloti oleh Caesar terbang dari Bandara Udara Sentani menuju Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang dengan membawa 6 orang penumpang, namun saat melintas di area Distrik Senggi pesawat tersebut mengalami gangguan cuaca.

“Pesawat AMA berangkat dari Bandara Sentani menuju Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, namun sekitar pukul 13.00 WIT pesawat tersebut mendarat darurat di Kampung Molof Distrik Senggi, akibat cuaca buruk,” kata Kamal.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua 

1. Petugas bandara terima pesan Mayday

Pesawat AMA Mendarat Darurat di Senggi Keerom Papua, Penumpang SelamatKondisi pesawat AMA saat pendaratan darurat Istimewa/ IDN Times

Kejadian itu pertama diketahui pukul 13.00 WIT, ketika petugas Bandar Udara Senggi mendapat informasi mayday atau (darurat) melalui radio dari pesawat AMA/RCQ dengan Rute Sentani–Oksibil.

Pesawat kemudian diketahui melakukan pendaratan darurat di Kampung Molof Distrik Senggi, karena cuaca buruk.

2. Karena cuaca buruk dan kehabisan BBM, pesawat AMA mendarat darurat

Pesawat AMA Mendarat Darurat di Senggi Keerom Papua, Penumpang SelamatKondisi pesawat AMA saat pendaratan darurat Istimewa/ IDN Times

Lebih lanjut, Pesawat Ama mengalami gangguan hingga putar balik ke arah Bandara Senggi.

Tapi karena kekurangan BBM, pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Jalan KM 37 PT Batasan Dharma Timber Kampung Molof.

3. Pilot dan 6 penumpang selamat

Pesawat AMA Mendarat Darurat di Senggi Keerom Papua, Penumpang SelamatKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal memperlihatkan foto kondisi pesawat Istimewa/ IDN Times

Kabid Humas menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat ini pilot masih berada di Bandara Udara Senggi dan 6 orang penumpang sudah kembali ke Sentani menggunakan pesawat dari Bandara Senggi.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, pilot dan semua penumpang selamat,” ujar Kamal.

Saat ini lokasi kejadian dijaga oleh pihak airline Bandara Senggi, Polsek Senggi, dan Koramil. Direncanakan besok, Rabu 29 Juni 2022, petugas dari KNKT dan Polres Keerom akan olah TKP. 

Baca Juga: Pesawat Pilatus Tergelincir di Paniai Papua, Tabrak Permukiman Warga

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya