Pilot Susi Air Belum Ditemukan, Diplomat Selandia Baru Datangi Timika

Pangkogabwilhan III terima kunker Diplomat Selandia Baru

Timika, IDN Times - Diplomat Selandia Baru melakukan kunjungan kerja ke Timika untuk membicarakan nasib warganya, Kapten Phillip Mark Mehrtens, pilot Pesawat Susi Air yang diduga disandera oleh KKB pada 7 Februari 2023 di Daerah Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Dalam kunjungan tersebut, tim Diplomat Selandia Baru diterima oleh Pangkogabwilhan III Letjen TNI Hotel I Nyoman Cantiasa di Rimba Papua, Mimika, Papua Tengah, Senin (13/2/2023). 

Adapun para Diplomatik tersebut adalah Brendan Andrew Stanbury selaku Deputy Head (Misi Diplomatik Selandia Baru untuk Asean), Patrick John Fitzgibbon selaku Sekretaris II (Politik) Kedutaan Besar Selandia Baru dan Alexander Mcsporran selaku Sekretaris II Kedutaan Besar Selandia Baru, beserta Staf Menlu RI Dionisius Elvan Swasono dan Nicolas Hendrik Theodorus.

1. Diplomat Selandia Baru bahas perkembangan pencarian Kapten Philip

Pilot Susi Air Belum Ditemukan, Diplomat Selandia Baru Datangi TimikaPangkogabwilhan III, Letjen TNI. I Nyoman Cantiasa bersama jajaran saat melakukan pertemuan dengan Diplomat Selandia Baru, IDN Times/ Istimewa

Dalam pertemuan tersebut, Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan para Pejabat Diplomat Selandia Baru dan 2 Staf Kementerian Luar Negeri RI membahas perkembangan penanganan pencarian terhadap Capt. Phillip Mark Mehrtens pilot Pesawat Susi Air yang diduga disandera oleh KKB.

Tak hanya itu, para pejabat tersebut juga meninjau jalur evakuasi dan kesiapan rumah sakit di Mimika sebagai pelayanan Penanganan Intensif apabila dilakukan evakuasi nantinya.

Baca Juga: Pria Asing Diduga Pilot Susi Air Gabung KKB, TNI: Foto Itu Hoaks!

2. Diplomat Selandia baru dukung pencarian warganya

Pilot Susi Air Belum Ditemukan, Diplomat Selandia Baru Datangi TimikaPangkogabwilhan III bersama jajaran saat foto bersama dengan Diplomat Selandia Baru, IDN Times/ Istimewa

Pada kesempatan itu, Pangkogabwilhan III Letjen TNI, I Nyoman Cantiasa mengatakan, para pejabat Diplomat tersebut menawarkan bantuan apabila ada yang diperlukan saat melakukan pencarian dan evakuasi terhadap pilot Susi Air yang saat ini sedang dalam pencarian oleh aparat gabungan TNI Polri.

Sekaligus menyampaikan harapannya agar Capt. Philip Mark Mehrtens dapat ditemukan dalam keadaan aman dan selamat.

"Kita juga minta dukungan internasional untuk membicarakan kepada Komisioner Tinggi Dewan HAM Internasional terkait masalah tersebut di atas," tegas Letjen Cantiasa.

3. Nasib Kapten Philip belum diketahui

Pilot Susi Air Belum Ditemukan, Diplomat Selandia Baru Datangi TimikaSusi Air dibakar kelompok teroris KKB. (twitter.com/@99)

Tepat seminggu sudah pilot Susi Air Capt. Philip Mark Mehrtens hilang dan belum diketahui keberadaannya pasca penyerangan dan pembakaran pesawat Susi Air oleh Kelompok bersenjata di Nduga.

Pihak TNI Polri masih terus melakukan pencarian terhadap pilot tersebut.

Proses pencarian dilakukan melalui udara disekitar Distrik Paro. Lantaran kondisi hutan di sana cukup lebat menyulitkan pihak TNI Polri untuk melakukan pencarian.

Pihak pemerintah juga tengah berupaya membangun komunikasi dengan kelompok bersenjata melalui para tokoh di Nduga, agar Capt. Philip Mark Mehrtens dapat dibebaskan.

Baca Juga: Panglima TNI: Lokasi Pilot Pesawat Susi Air Sudah Terdeteksi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya