Comscore Tracker

Polisi Bekuk Pelaku Pemasok Senpi dan Amunisi untuk KKB di Yalimo

615 butir amunisi berbagai jenis diamankan

Jayapura, IDN Times - Polres Yalimo berhasil membekuk seorang pelaku penyelundupan senjata api jenis FN beserta 615 butir amunisi di Kabupaten Yalimo, Papua, Rabu (29/6/2022) pukul 20.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan seorang warga telah ditangkap oleh personel Polres Yalimo.

1. Polisi amankan seorang pengendara motor

Polisi Bekuk Pelaku Pemasok Senpi dan Amunisi untuk KKB di YalimoBarang bukti yang diamankan polisi saat menggelar razia kendaraan Istimewa/ IDN Times

Penangkapan tersebut berawal dari anggota Propam Polres Yalimo yang mencurigai seseorang yang mengendarai motor dengan gerak-gerik mencurigakan. 

Kemudian personel Polres Yalimo menggelar razia terhadap kendaraan bermotor yang melintas dari arah Jayapura menuju Wamena, di sekitar pos Yalimo.

“Anggota yang melaksanakan razia melihat ada kendaraan roda dua jenis Honda Verza warna putih tanpa nomor polisi, kemudian diberhentikan. Setelah itu, pelaku diarahkan ke dalam pos Yalimo untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Kamal.

Baca Juga: Lagi, Rumah di Yalimo Papua Dibakar karena Warga Menolak PSU

Baca Juga: Jembatan di Kabupaten Yalimo Diduga Dibakar Warga

2. Polisi temukan pistol FN dan ratusan butir amunisi di dalam jeriken

Polisi Bekuk Pelaku Pemasok Senpi dan Amunisi untuk KKB di YalimoKabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal Istimewa/ IDN Times

Saat dibawa ke pos dan diperiksa, pelaku menolak. Hal itu semakin menguatkan kecurigaan polisi terhadap pelaku sehingga pemeriksaan tetap dilakukan.

“Setelah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku berinisial AN, anggota berhasil menemukan dua buah jeriken (isi) 5 liter warna hitam berisikan ratusan amunisi tajam dan ditemukan senjata api pistol jenis FN yang juga diisi dalam jeriken serta dua magasen amunisi jenis V2 Sabhara dan magasen jenis SS1,” kata Kamal. 

Dari tangan pelaku AN yang setiap hari bekerja sebagai PNS di Kabupaten Nduga, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah HP Nokia kecil, 1 buah HP Samsung android, 1 buah KTP, 1 buah kartu pegawai, 1 buah kartu berobat, dan 1 buah kartu BPJS.

Polisi juga menemukan 1 pucuk senjata FN, 1 magasen SS1, 1 magasen V2 Sabhara. Kemudian berbagai jenis amunis tajam dengan total 615 butir. Di antaranya, MK3 sebanyak 379 butir, moser sebanyak 2 butir, AK sebanyak 3 butir, SS1 sebanyak 158 butir, revolver sebanyak 10 butir, US carbine sebanyak 52 butir, dan V2 sebanyak 11 butir.

3. Senpi dan amunisi akan dipasok untuk KKB wilayah Nduga

Polisi Bekuk Pelaku Pemasok Senpi dan Amunisi untuk KKB di YalimoPolisi saat menggelar barang bukti berupa senpi dan ratusan amunisi berbagai jenis diamankan polisi Istimewa/ IDN Times

Dari keterangan awal pelaku, amunisi, magasen, dan satu pucuk senjata api akan diserahkan kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga, pimpinan Jenderal Egianus Kogoya. Rencananya, barang-barang tersebut akan diserahkan di Wamena, bertempat di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya melalui kurir dan utusan Jenderal Egianus Kogoya.

“Saat ini, tersangka kita sudah amankan di Polres Wamena guna pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Kamal. 

Baca Juga: TNI Baku Tembak dengan KKB di Kiwirok Papua, Seorang Prajurit Gugur 

Baca Juga: 3 Anggota KKB Tembak Warga yang Sedang Olahraga di Aula DPRD Deiya

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya