Polisi Tangkap Ketua KNPB Dogiyai yang Diduga Dalangi Kerusuhan

SG ditangkap saat mengisi BBM di sebuah SPBU

Timika, IDN Times - Aparat Gabungan berhasil mengamankan SG, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Kabupaten Dogiyai yang diduga menjadi dalang di balik kerusuhan yang terjadi pada 12 November 2022 lalu di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah.

SG diamankan petugas saat sedang mengisi BBM di salah satu SPBU di Moanemani, Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 10.25 WIT.

1. Aparat gabungan berhasil tangkap SG

Polisi Tangkap Ketua KNPB Dogiyai yang Diduga Dalangi KerusuhanSuasana di salah satu SPBU di Dogiyai, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat ditemui di ruang kerjanya, membenarkan penangkapan itu ketua KNPB oleh aparat gabungan.

"Benar tadi pagi kami mengamankan ketua KNPB Wilayah Dogiyai atas nama SG untuk dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu (12/11) lalu," kata Kombes Kamal, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Panglima Minta Anggota TNI yang Mutilasi Warga Papua Dihukum Berat 

2. Ditangkap saat isi BBM

Polisi Tangkap Ketua KNPB Dogiyai yang Diduga Dalangi KerusuhanKetua KNPB wilayah Dogiyai saat berjalan mengikuti aparat keamanan, IDN Times/ Isti

Dia menjelaskan penangkapan itu dilakukan setelah mendapat laporan dari warga bahwa SG sedang berada di POM bensin, kemudian anggota melakukan penangkapan.

"Setelah mendapat laporan, anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG kemudian dibawa ke Mapolres Dogiyai," ujarnya.

3. SG akan diperiksa di Nabire

Polisi Tangkap Ketua KNPB Dogiyai yang Diduga Dalangi KerusuhanKabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal IDN Times/ Istimewa

Untuk menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai tetap kondusif, SG kemudian dibawa ke Kabupaten Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu pihaknya akan laksanakan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan di Dogiyai, dan ia meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap jaga Dogiyai tetap kondusif.

"Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dengan di kawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz," katanya.

Baca Juga: Buntut Kerusuhan di Dogiyai, Sejumlah Orang Dilaporkan Hilang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya