Ratusan Kios Ludes, Puslabfor-Inafis Selidiki Kebakaran Pasar Dolog

Sejumlah puing-puing akan diperiksa

Timika, IDN Times - Tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Polda Papua menurunkan tim untuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran di Pasar Dolog, Distrik Agats, Asmat, Papua, Selasa (18/10/2022).

Ketua tim Puslabfor yang dipimpin Ipda Ridho Agung Prihambodo tiba di TKP sekira pukul 14.00 Wita, yang dibantu oleh Tim Inafis Polres Asmat dalam mengumpulkan sejumlah puing-puing kebakaran untuk diperiksa.

Baca Juga: Pasar Senen Kebakaran, Belasan Mobil Damkar Diterjunkan 

1. Tim labfor dan inafis lakukan olah TKP

Ratusan Kios Ludes, Puslabfor-Inafis Selidiki Kebakaran Pasar DologSuasana olah TKP tim Puslabfor Polda Papua dan Inavis Polres Asmat, IDN Times/ Istimewa

Ipda Ridho Agung Prihambodo mengatakan, olah TKP dilakukan untuk mencari tahu penyebab terjadinya kebakaran yang mengakibatkan 121 kios dan 4 rumah hangus dalam kejadian tersebut.

"Hari ini kami lakukan olah TKP, dan kami sudah mengumpulkan sejumlah barang bukti yang kemudian akan kami bawa ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya," ujarnya.

Baca Juga: Kebakaran di Pasar Pagesangan Mataram, 4 Toko Ludes Terbakar 

2. 6 Orang dimintai sebagai saksi

Ratusan Kios Ludes, Puslabfor-Inafis Selidiki Kebakaran Pasar DologTim Puslabfor saat berkomunikasi dengan Kapolres Asmat, IDN Times/ Istimewa

Sementara, Kapolres Asmat AKBP Agus Hariyadi mengatakan, Kepolisian saat ini tengah berupaya mengungkap penyebab kebakaran tersebut. Untuk itu, perlu dilakukan olah TKP oleh ahli forensik.

Kapolres menambahkan, dalam olah TKP tersebut, tim Puslabfor juga meminta keterangan terhadap 6 orang saksi yang merupakan korban kebakaran.

"Dengan mengundang tim Puslabfor Polda Papua, berguna untuk mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan 124 kios dan 4 rumah warga dalam kejadian kebakaran yang terjadi pada hari Minggu (16/10) kemarin," ucap Kapolres.

3. Kumpulkan data dan puing-puing untuk diteliti di Puslabfor

Ratusan Kios Ludes, Puslabfor-Inafis Selidiki Kebakaran Pasar DologTim Puslabfor Polda Papua saat berkomunikasi dengan Kapolres Asmat, IDN Times/ Istimewa

Ia juga mengatakan, setelah pengumpulan data dan barang bukti dilakukan, nantinya akan dikembangkan oleh Puslabfor untuk mengetahui penyebab awal terjadinya peristiwa tersebut.

"Ketika hasilnya telah dikeluarkan oleh labfor, kami akan mengumumkannya ke masyarakat tentang apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Oleh karena itu kami mengharapkan proses penyelidikan ini dapat segera terungkap," kata AKBP Agus Hariyadi.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya