Satu Anggota TNI yang Hanyut di Sungai Digoel Ditemukan Meninggal

Jenazah ditemukan empat kilometer dari Bandara Iwur

Timika, IDN Times - Satu dari empat korban anggota TNI-Polri yang hilang terbawa arus pada Sabtu (28/1/2023) lalu setelah jembatan gantung Sungai Digoel di Kabupaten Pegunungan Bintang terputus, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Jenazah yang ditemukan ialah anggota TNI Satgas Yonif 143/TWEJ, Pratu Ferdian Dwi Kusuma. Rencananya, jenazah Ferdian akan dievakuasi pada Senin (30/1/2023) dengan menggunakan helikopter.

"Pada Minggu (29/1/2023) Pkl. 23.20 WIT telah ditemukan 1 Jenazah korban hanyut atas nama Pratu F Anggota Satgas Yonif 143/TWEJ," kata Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, melalui rilis yang diterima, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Jembatan Gantung Putus, 4 Personel TNI Polri Hilang Terbawa Arus

1. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia

Satu Anggota TNI yang Hanyut di Sungai Digoel Ditemukan MeninggalKapolres dan Dan Satgas saat berkomunikasi dengan warga, IDN Times/ Istimewa

Pasca ditemukan, jenazah Pratu Ferdian Dwi Kusuma langsung dievakuasi ke Pos Satgas Pamtas Yonif 143/TWEJ Distrik Iwur sambil menunggu hubungan dari Pegunungan Bintang ke Jayapura.

"Saat ini, jenazah sudah dalam proses evakuasi oleh tim gabungan menuju Pos Satgas Pamtas Yonif 143/TWEJ, Distrik Iwur. Jenazah direncanakan dievakuasi menggunakan helikopter," kata Herman. 

2. Jenazah ditemukan atas laporan masyarakat

Satu Anggota TNI yang Hanyut di Sungai Digoel Ditemukan MeninggalKorban saat akan dievakuasi, IDN Times/ Istimewa

Jenazah Pratu Ferdian ditemukan atas laporan masyarakat. Sekitar pukul 17.45 WIT, masyarakat melaporkan di Pos Iwur Satgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ, telah melihat satu jenazah di dekat Kampung Arim, Distrik Iwur, sekitar empat kilometer dari Pos Iwur Satgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ.

Dari informasi tersebut Danpos Iwur Satgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ, Letda Infanteri Figo Ulnang, menyampaikan informasi tersebut kepada Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ, Letkol Infanteri Ari Ismoyo Timor, dan menyampaikannya kepada Kapolres Pegunungan Bintang untuk melakukan evakuasi.

"Pencarian korban terus dilakukan tim gabungan," kata Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Mohamad Dafi Bastomi.

3. Terima kasih atas bantuan masyarakat

Satu Anggota TNI yang Hanyut di Sungai Digoel Ditemukan MeninggalIlustrasi korban tenggelam. (Shutterstock)

Herman menyampaikan terima kasih kepada tim gabungan yang dibantu masyarakat untuk melakukan pencarian keempat korban. Dia meminta dukungan doa bagi pencarian tiga korban lain agar bisa ditemukan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah membantu proses pencarian, sehingga berhasil ditemukan satu personel TNI dari Satgas Yonif 143/TWEJ. Selanjutnya, mohon doanya personel lain dari Polres yang hanyut dapat segera ditemukan," ujar Herman. 

Baca Juga: Pencarian 4 Anggota TNI Polri yang Hanyut di Sungai Digoel Dilanjutkan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya