Satu Korban Kapal Terbakar di Mappi Papua Ditemukan Meninggal Dunia

Korban ditemukan berjarak 150 meter dari lokasi kejadian

Timika, IDN Times - Satu korban kapal terbakar di Mappi, Timika, Papua bernama Ahmad Septi Ramadan, yang merupakan ABK Kapal Dua Putra, berhasil ditemukan kurang lebih 150 meter dari lokasi kejadian dalam kondisi meninggal dunia, Jumat 19 Agustus 2022.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban ditemukan tim gabungan sekitar pukul 06.00 WIT di Kali Assue. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal tidak jauh dari TKP kebakaran.

“Tadi pagi salah satu korban kebakaran dua kapal yakni kapal Kayu Dua Putra dan kapal LCT Spob Cahaya Al-Arrahim sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Saat ini tim bantuan dibantu masyarakat setempat, masih melakukan pencarian terhadap 3 orang korban lainnya,” kata Kamal.

Baca Juga: Kebakaran 2 Kapal di Mappi Papua, 16 Orang Jadi Korban

1. Salah satu korban dievakuasi ke Kepi

Satu Korban Kapal Terbakar di Mappi Papua Ditemukan Meninggal DuniaKabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat menunjukkan foto korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia IDN Times/ Istimewa

Kamal menjalaskan, untuk korban meninggal bernama Markus Tangke, telah dievakuasi ke Kepi pada Jumat kemarin sekitar pukul 14.00 WIT menggunakan speedboat. Sementara 4 korban luka bakar akan dirujuk ke Kabupaten Merauke.

“Empat korban tersebut di antaranya 2 ABK dari Kapal Spob Cahaya Al- Arrahim, dirujuk ke rumah sakit Kepi selanjutnya akan diterbangkan ke Merauke. Sedangkan 2 korban lainnya merupakan ABK dari Kapal Kayu Dua Putra akan dievakuasi dari Asgon menuju Merauke dengan menggunakan pesawat maff,” jelas Kamal.

2. Polisi amankan pemilik kapal dan barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian

Satu Korban Kapal Terbakar di Mappi Papua Ditemukan Meninggal DuniaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Polsek Asgon di Polres Mappi telah melakukan olah TKP, mengamankan pemilik Kapal Kayu Dua Putra, melakukan pemeriksaan awal terhadap ABK, mengamankan mesin penyedot/Alkon dan serpihan kapal kayu Dua Putra yang ada di atas kapal Lct Spob Cahaya Al- Arrahim.

“Setelah kejadian personel telah memasang garis polisi, melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti serta melakukan pemeriksaan terhadap anak buah kapal,” ungkap Kamal.

Sampai saat ini anggota Polsek Asagon bersama Polres Mappi telah melakukan pemeriksaan terhadap 6 (enam) orang saksi dan juga telah melakukan olah TKP, diharapkan nantinya tim dari Laboratorium Forensik segera hadir guna memastikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

3. Korban luka bakar sudah dapat penanganan medis

Satu Korban Kapal Terbakar di Mappi Papua Ditemukan Meninggal DuniaIlustrasi kapal terbakar (dok. TNI AL)

Sebelumnya diberitakan bahwa telah terjadi kebakaran terhadap dua kapal yakni kapal Kayu Dua Putra dan kapal LCT Spob Cahaya Al- Arrahim, di Dermaga Distrik Assue Kabupaten Mappi yang mengakibatkan 2 korban meninggal dunia, 3 belum ditemukan, dan 12 orang mengalami luka bakar dan saat ini sudah mendapat perawatan medis.

Sebanyak 17 korban di antaranya 2 meninggal dunia yakni Markus Tangke dan Ahmad Septi Ramadan, 12 orang mengalami luka bakar yakni Mansur, Syahrul Nimrat, Callu, Narli, Fadli, Novyanto, Elbin, Ayub, Sutopoali, Hawi, Muhamad Abdul Raup, Bunga Ayub, dan 3 orang belum ditemukan yaitu Edi Ibrahim, Herman dan Pardi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya