Tak Terima, KKB Berupaya Bakar Pos Polisi di Tanjakan Lapar Papua

Pembakaran diduga dilakukan oleh KKB Kepala Air

Timika, IDN Times - Sebuah pos polisi yang sedang dalam tahap pembangunan di Tanjakan Lapar, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, berusaha dibakar oleh orang tidak dikenal Minggu (13/11/2022). 

Aksi tersebut diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air Pimpinan Jecky Waker sekitar pukul 21.05 WIT, berdasarkan keterangan salah satu informan.

Baca Juga: Gangguan Keamanan KKB, Satu Anggota TNI Tertembak Saat Patroli

1. Polisi kantongi identitas pelaku pembakaran

Tak Terima, KKB Berupaya Bakar Pos Polisi di Tanjakan Lapar PapuaPersonil kepolisian saat berada di lokasi pembakaran pospol, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol, Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan peristiwa tersebut.

Ia menjelaskan, pada pukul 20.55 WIT terdengar suara letusan senjata api jenis Revolver sebanyak dua kali dari arah pos polisi yang sementara dibangun tersebut.

Kemudian, sekitar pukul 21.05 WIT, Kapolsek Ilaga mendapat informasi dari seorang informan melalui telepon bahwa pos polisi tersebut sedang dibakar oleh KKB. Kapolsek bersama anggotanya pun langsung bergerak menuju TKP untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

“Saat Kapolsek bersama anggotanya tiba, tidak ditemui adanya pembakaran seperti yang diinfokan sehingga setelah mengecek keadaan sekitar personel balik ke Polsek,” katanya.

Baca Juga: KKB Kembali Berulah, Serang dan Bakar Camp Mining 81 di Awimbon Papua

2. Wakapolres pimpin pengecekan pospol yang dibakar

Tak Terima, KKB Berupaya Bakar Pos Polisi di Tanjakan Lapar PapuaSecarik kertas yang ditemukan di lokasi kejadian, IDN Times/ Istimewa

Kamal menjelaskan, keesokan paginya sekitar pukul 08.30, Wakapolres Puncak bersama personel menuju TKP untuk kembali mengecek.

“Setibanya di TKP, Wakapolres bersama personel kemudian melihat adanya indikasi pembakaran terhadap pos polisi yang sedang dibangun tersebut karena ditemukan pohon ranting berserakan dalam keadaan terbakar berada di dalam pos,” ujar dia.

Baca Juga: 20 Orang KKB Beraksi Lagi, Cegat dan Pukuli Warga Pakai Popor Senjata

3. Polisi temukan barang bukti parang dan secarik kertas bertuliskan Nokia

Tak Terima, KKB Berupaya Bakar Pos Polisi di Tanjakan Lapar PapuaSebilah parang yang ditemukan di lokasi pembakaran bangunan pospol, IDN Times/ Istimewa

Ia mengatakan, pospol tersebut tidak ikut terbakar sepenuhnya dikarenakan api yang tidak membesar sehingga kondisi bangunan masih dalam keadaan utuh.

Namun di lokasi tersebut ditemukan sebuah parang, kertas yang bertuliskan 'Dari Nokia: Kalau Mau Cari Nokia Cari Di Atas', serta jejak kaki yang diduga milik anggota KKB.

“Diduga Pok KKB yang melakukan pembakaran tidak terima dengan adanya pospol yang dibangun di kompleks Pancuran Tanjakan Lapar yang menjadi akses perlintasan Pok KKB tersebut,” jelas Kamal.

Kamal memastikan, aparat kepolisian akan segera melakukan pengembangan kasus serta patroli disekitar TKP untuk mengantisipasi adanya aksi serangan dan menutup pergerakan KKB agar tidak masuk ke dalam Kota Ilaga. 

Baca Juga: Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di Nabire

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya