Comscore Tracker

Terkendala Pandemik, Latihan Dasar 409 CPNS Puncak Papua Tertunda

Situasi keamanan juga jadi kendala latihan dasar

Timika, IDN Times - Sebanyak 409 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Puncak, Papua, formasi 2018 mengikuti pelatihan dasar yang dilaksanakan di Kabupaten Mimika, Senin (27/6/2022).

Bupati Puncak, Wilem Wandik, mengatakan pelatihan dasar CPNS baru terlaksana saat ini, karena pandemik COVID-19 dan juga situasi keamanan di wilayah Puncak.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Transparan soal Gaji Sejak Awal Rekrutmen CPNS

1. Pelatihan dasar 2021 yang tertunda

Terkendala Pandemik, Latihan Dasar 409 CPNS Puncak Papua TertundaBupati Kabupaten Puncak Wilem Wandik saat membuka pelatihan dasar Ricky Lodar/ IDN Times

Walau pun baru dilaksanakan saat ini, kata Wandik, secara keseluruhan 409 CPNS yang merupakan masyarakat asli Kabupaten Puncak, hadir untuk mengikuti pelatihan. 

"Kita laksanakan di Timika sebenarnya 2021, tapi kita tunda masalah COVID-19 dan juga keamanan, dan hari ini kami laksanakan," kata dia, usai membuka kegiatan Latsar. 

2. Magang di sejumlah OPD Pemkab Mimika

Terkendala Pandemik, Latihan Dasar 409 CPNS Puncak Papua TertundaRatusan CPNS Kabupaten Puncak Formasi tahun 2018 mengikuti pelatihan dasar Ricky Lodar/ IDN Times

Berkat kerja sama Pemkab Puncak dan Pemkab Mimika, ratusan CPNS tersebut nantinya akan melaksanakan magang di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mimika, sesuai bidang masing-masing.

"Ini adalah suatu harapan buat saya ke depan bisa mereka dilatih dan bekerja sama dengan Pemda Mimika," kata dia.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS di Papua-Papua Barat Diperpanjang hingga 31 Agustus

3. Penempatan di dinas-dinas usai pelatihan

Terkendala Pandemik, Latihan Dasar 409 CPNS Puncak Papua TertundaIlustrasi CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Wandik berharap, SDM yang ada dapat dimaksimalkan untuk pengembangan Kabupaten Puncak. 

"Semoga ini bisa berjalan dengan baik, jadi setelah mereka dilatih di Timika, baru kita akan taruh di dinas-dinas," kata dia. 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya