TPNPB OPM Sebar Foto dan Video Kondisi Pilot Susi Air

Pilot Susi Air, sebagai jaminan kemerdekaan Papua

Timika, IDN Times - Manajemen Markas Pusat Komnas Tentara Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis foto dan video terkait kondisi dan keberadaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Kapten Philip Mark Mehrtens, yang disandera pimpinan Panglima Komando Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama Egianus Kogoya.

Foto dan video tersebut dikirim langsung oleh Egianus Kogoya kepada Jubir TPNPB OPM Sebby Sambom terkait keberadaan pilot, serta kondisi kesehatannya selama disandera. 

Baca Juga: Kapolda Papua: Pilot Susi Air Ditangkap Kelompok Egianus Kogoya

1. Egianus Kogoya kirim foto dan video pilot Susi Air

TPNPB OPM Sebar Foto dan Video Kondisi Pilot Susi AirPilot Susi Air saat berjabat tangan dengan Egianus Kogoya (Dok. TPNPB-OPM)

Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengatakan pilot Susi Air kini sudah berada di tangan Panglima, Egianus Kogoya dan pasukannya di Makodap III Ndugama Derakma. 

Pilot tersebut menjadi tawanan politik, untuk selanjutnya pihak TPNPB-OPM melakukan negosiasi dengan pemerintah pusat dan Selandia Baru, untuk pembebasan sandera dengan tebusan kemerdekaan Papua.

"Hari ini kami sampaikan bahwa secara resmi kami telah terima foto dan video dari Panglima Egianus Kogoya dan pasukannya, di mana mereka melaporkan bahwa pilot WN Selandia Baru resmi mereka tahan sebagai jaminan politik untuk negosiasi tentang kemerdekaan hak bangsa Papua Barat," kata sebby melalui rilis yang diterima, Selasa (14/2/2023) malam.

2. Kondisi pilot dalam keadaan baik-baik

TPNPB OPM Sebar Foto dan Video Kondisi Pilot Susi AirPilot Susi Air saat bersama Egianus Kogoya dan pasukannya. (Dok. TPNPB-OPM)

Pilot Susi Air, Kapten Philip dalam foto dan video yang diterima memperlihatkan sang pilot mengenakan celana pendek dan kaos bercorak bintang Kejora, serta jaket Levis juga mengenakan topi rimba. Ia didampingi Egianus Kogoya dan pasukannya yang bersenjata laras panjang.

Dalam video berdurasi masing-masing 1,37 detik, 3.23 detik, 1,51 detik itu memperlihatkan kondisi fisik Capt. Philip dalam keadaan baik-baik. 

Sebby menjelaskan, TPNPB-OPM bertanggungjawab terhadap penyanderaan pilot Susi Air dan pembakaran pesawat, dan tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap pilot tersebut.

"TPNPB akan bertanggungjawab, pilot itu ditahan sebagai teman dan sahabat dari tetangga kami orang New Zealand. Intinya Australia dan New Zealand adalah tetangga dekat kami," ungka Sebby.

Baca Juga: Pemerintah Akui Pilot Susi Air Disandera, Fokus Pendekatan Persuasif

3. Selandia Baru dan PBB diminta bertanggungjawab terhadap dukungan kepada Indonesia

TPNPB OPM Sebar Foto dan Video Kondisi Pilot Susi AirJuru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom (Dok. TPNPB-OPM)

Sebby Sambom mengklaim, selama ini, Selandia Baru dan PBB mendukung pemerintah Indonesia dalam bidang militer serta melatih pasukan Indonesia, hingga masyarakat Papua menerima dampaknya, banyak warganya yang menjadi korban. 

Untuk itu, pemerintah Selandia Baru, dan beberapa negara diminta bertanggungjawab terhadap kondisi yang terjadi di Papua.

"Oleh karena itu, negara-negara ini harus bertanggungjawab terhadap pembunuhan, genosida. Selain itu PBB juga gagal mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Papua," tegas Sebby. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya