Ciptakan Pusat Ekonomi Baru, Jasa Marga Bangun Infrastruktur di Bekasi

Pembangunan dilakukan melalui sinergi dengan banyak pihak

Jakarta, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerja sama dengan dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyelenggarakan acara B Fest 2019: ‘Festival Inspirasi Bekasi’ di area Tribun Timur Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Minggu (24/2) lalu. Ajang hiburan sekaligus edukasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di sekitar Bekasi.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sedang berlangsung pembangunan infrastruktur di sekitar Bekasi, seperti Light Rail Transit (LRT), Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) dan Kereta Api Cepat Indonesia Cina (KCIC). Proyek-proyek tersebut merupakan proyek strategis nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Manfaat pembangunan sejumlah proyek tersebut antara lain untuk meningkatkan aksesibilitas, mobilitas, pengembangan wilayah, perekonomian setempat, dan mengurai kemacetan.

1. Pembangunan infrastruktur Jasa Marga sudah bisa dinikmati masyarakat

Ciptakan Pusat Ekonomi Baru, Jasa Marga Bangun Infrastruktur di BekasiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bertepatan dengan kegiatan Car Free Day Kota Bekasi ini, Corporate Secretary Jasa Marga, M Agus Setiawan berkesempatan hadir untuk menyapa masyarakat Kota Bekasi. Dalam sesi interaksi dengan masyarakat ini, dia mengatakan, pencapaian pembangunan infrastruktur dan program Jasa Marga sudah bisa dinikmati oleh khalayak masyarakat.

"Bapak-ibu sekalian yang ingin bepergian ke wilayah timur Pulau Jawa kini tidak perlu repot lagi karena sudah tersambung dengan jalan tol. Selain itu, dalam waktu dekat Jasa Marga juga akan bekerja sama dengan Kereta Commuter Indonesia untuk memberikan diskon khusus bagi pengguna commuter line. Kami berharap, makin banyak masyarakat yang memanfatkan transportasi massal," katanya.

2. Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah mencapai 70 persen

Ciptakan Pusat Ekonomi Baru, Jasa Marga Bangun Infrastruktur di BekasiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), Djoko Dwijono yang juga turut hadir mendampingi Agus menginformasikan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) saat ini progres pembangunan sudah mencapai 70 persen. 

Fokus pekerjaan yaitu pengangkatan steel box girder dan pengecoran lantai jembatan (slab). "Kita sedang berusaha sekuat tenaga agar nanti Tol Jakarta-Cikampek II ini diharapkan selesai tepat waktu," ujarnya.

3. Pembangunan infrastruktur jalan tol mempercepat pembangunan ekonomi

Ciptakan Pusat Ekonomi Baru, Jasa Marga Bangun Infrastruktur di BekasiANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Selanjutnya, Vice President Corporate Communications Bank Mandiri, Maristella Tri Haryanti menyampaikan, sinergi dengan Jasa Marga dalam pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol, merupakan bukti komitmen perseroan sebagai agen pembangunan untuk terlibat aktif dalam mengakselerasi pengadaan infrastruktur dan mempercepat pembangunan ekonomi.

Saat ini, Bank Mandiri menjadi salah satu mitra perbankan Jasa Marga untuk membiayai pembangunan sejumlah ruas tol utama, seperti Tol Trans Jawa, Trans Sumatera dan Trans Kalimantan, termasuk Tol Jakarta-Cikampek II.

“Kami menyadari sepenuhnya keberadaan jalan tol sangat diperlukan untuk mendorong penciptaan pusat-pusat ekonomi baru serta memangkas ekonomi biaya tinggi,” kata Lala, panggilan akrabnya.

Dia berharap, kegiatan sosialisasi seperti B-Fest ini semakin memperkuat kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap proyek-proyek tol yang masih berjalan.

4. Pagelaran acara dalam Festival Inspirasi Bekasi 2019

Ciptakan Pusat Ekonomi Baru, Jasa Marga Bangun Infrastruktur di Bekasifacebook.com

Selain Maristella, perwakilan Bank Mandiri lain yang juga turut hadir dalam kesempatan tersebut, diantaranya adalah Vice President CSR Department, I Gede Arimbhawa Yasa, dan Vice President Institutional Relation, Ary M. Manoppo .

Dalam acara ini juga dimeriahkan oleh sejumlah berbagai kegiatan seru, yakni Zumba bersama, pemeriksaan kesehatan, festival kuliner hingga face painting. Festival Jalan Tol ini sendiri akan kembali dilaksanakan pada minggu ketiga, Maret ini.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya