Comscore Tracker

Penembakan di Selandia Baru, Kemendagri: Tragedi Kemanusiaan

49 orang korban jiwa, termasuk 2 orang asal WNI

Jakarta, IDN Times – Penembakan terjadi masjid Kota Chischurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Insiden ini menewaskan 49 orang dan melukai puluhan orang. Dunia pun berduka. Berbagai kecaman mengalir, salah satunya dari Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, menyatakan pihaknya mengutuk penembakan brutal di Selandia Baru. "Kami mengecam dan mengutuk keras penembakan biadab yang tidak berprikemanusiaan di Selandia Baru," kata Bahtiar melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/3).

1. Kementerian Dalam Negeri berbelasungkawa pada korban penembakan

Penembakan di Selandia Baru, Kemendagri: Tragedi KemanusiaanANTARA FOTO/REUTERS/SNPA/Martin Hunter

Selain itu, Bahtiar juga menyampaikan belasungkawa terhadap korban penembakan. Ia menyebut penembakan di Selandia baru adalah tragedi kemanusiaan.

"Kami turut berkabung dan berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya bersama seluruh masyarakat di dunia karena aksi ini merupakan tragedi kemanusiaan," lanjut Bahtiar.

Baca Juga: Forum Kerukunan Umat Beragama Kecam Penembakan di Selandia Baru

2. Penting untuk mengikat tali persaudaraan sesama bangsa

Penembakan di Selandia Baru, Kemendagri: Tragedi KemanusiaanANTARA FOTO/REUTERS/SNPA/Martin Hunter/cfo (REUTERS/STRINGER)

Melalui peristiwa itu, Bahtiar juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan melalui jalinan persaudaraan, toleransi, merajut cinta kasih antar sesama anak bangsa, serta bangun komunikasi untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Mari kita terus menjaga hubungan silaturahmi menjaga jalinan persaudaraan, toleransi, merajut cinta kasih antar sesama anak bangsa, serta bangun komunikasi untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Bahtiar.

3. Bahtiar ajak masyarakat tebarkan perdamaian

Penembakan di Selandia Baru, Kemendagri: Tragedi KemanusiaanANTARA FOTO/REUTERS/SNPA/Martin Hunter/cfo (REUTERS/STRINGER)

Bahtiar juga mengajak masyarakat untuk menebarkan kesejukan dan kedamaian di lingkungan masing-masing.

Seperti diketahui, penembakan brutal terjadi di Masjid Al Noor  dan masjid di Linwood Avenue, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (16/3).

Otoritas setempat menyatakan 49 orang meninggal dunia dalam insiden ini dan puluhan lainnya mengalami luka.

Baca Juga: Muslim Sedunia Berduka, 49 Orang Tewas dalam Serangan di Selandia Baru

Topic:

  • rini octaviani
  • Dwi Agustiar

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You