Comscore Tracker

Ada Harimau Positif COVID-19, Kucing dan Anjing Rentan Tertular?

Sejauh ini, tak ada bukti hewan menularkan virus ke manusia

Jakarta, IDN Times - Infeksi virus corona di Amerika Serikat menjangkit tak hanya manusia tapi juga hewan. Seekor harimau berusia empat tahun bernama Nadia di kebun binatang Bronx, New York, menunjukkan salah satu gejala utama dari COVID-19 yaitu batuk kering.

Berbeda dengan Hong Kong, di mana seekor anjing dinyatakan positif tertular COVID-19 dari kontak fisik dengan majikannya seorang pasien COVID-19. Lalu, bagaimana penularan itu dapat terjadi? 

1. Kucing dan anjing paling rentan tertular

Ada Harimau Positif COVID-19, Kucing dan Anjing Rentan Tertular?Dokter hewan Wendy Jane McCulloch memeriksa Ivy, kucing berusia 8 tahun di kantor Botanica Inc yang tutup saat ia melakukan kunjungan ke rumah, yang memiliki protol keamanan tambahan pada beberapa minggu terakhir saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Manhattan, New York City, Amerika Serikat, Selasa (31/3/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Caitlin Ochs)

Di Belgia terdapat kucing yang terinfeksi COVID-19. Kucing itu mengalami kesulitan bernapas, diare, dan muntah seminggu setelah pemiliknya mulai menunjukkan gejala. Dilakukannya tes oleh dokter hewan di Universitas Liège dan menunjukkan hewan itu terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Kucing 101: 8 Tanda Kucing Peliharaanmu Stres, Jangan Abaikan

2. Tidak ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan ke manusia

Ada Harimau Positif COVID-19, Kucing dan Anjing Rentan Tertular?Seorang wanita memakai masker pelindung sambil mendorong kereta bayi berisi anjing saat berjalan dekat jalan tempat sakura mekar, yang ditutup untuk menghindari penularan virus corona (COVID-19), di Seoul, Korea Selatan, Rabu (1/4/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji)

Seorang ahli virus hewan di University of Illinois, Leyi Wang, mengatakan bahwa sejatinya tidak terdapat bukti-bukti penularan dari hewan ke manusia. Dia mengatakan, faktor yang sama yang mempengaruhi keparahan COVID-19 pada manusia akan mempengaruhi penyakit pada hewan juga. Sejauh ini, tidak ada bukti virus yang ditularkan dari hewan ke manusia, selain asal virus itu sendiri.

3. Jangan semprotkan disinfektan kepada hewan peliharaan!

Ada Harimau Positif COVID-19, Kucing dan Anjing Rentan Tertular?Ilustrasi hewan anjing dan kucing. pixabay.com/huoadg5888-8934889

Lakukan social distancing kepada peliharaan jika merasakan gejala-gejala COVID-19 dan jika tidak memiliki gejala, lakukan saja kebersihan hewan peliharaan yang normal. Cuci tangan Anda setelah memegang hewan, makanan, limbah, atau persediaan kebutuhan harian mereka, yang akan melindungi Anda dari beragam kuman yang dibawa hewan.

Dan ingat, jangan lakukan disinfektan terhadap peliharaan dengan gel deterjen atau alkohol! Cukup dengan air sabun atau shampo hewan, itu sudah berfungsi sangat baik untuk membunuh kuman dan virus.

Baca Juga: Seekor Harimau Malaya di Kebun Binatang AS Positif Tertular COVID-19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya