Comscore Tracker

Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-26 Puasa Ramadan 1441 H  

Konsumsi jambu biji saat sahur

Jakarta, IDN Times - Jadwal imsak dan azan subuh menjadi salah satu informasi yang sangat penting bagi umat muslim. Karena kedua peristiwa tersebut merupakan penanda dimulainya ibadah puasa.

Hari ini, Selasa (19/5), merupakan hari ke-26 umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah.

Berdasarkan jadwal imsakiyah puasa Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada hari ke-26 Ramadan waktu imsak jatuh pada pukul 04.25 WIB dan selang 10 menit, azan subuh berkumandang pada pukul 04.35 WIB.

Baca Juga: Tip Puasa Ramadan Bugar di Masa Pandemik COVID-19 dengan 'SEHATI'

1. Awali sahur dengan membaca doa niat puasa

Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-26 Puasa Ramadan 1441 H  ilustrasi doa (IDN Times/Sunariyah)

Jangan lupa kita diharuskan membaca doa niat berpuasa sebelum masuk waktu imsak. Niat ini fungsinya untuk membedakan tujuan dalam beribadah.

Berikut doa niat puasa Ramadan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu shauma ghodin an' adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'ala."

2. Konsumsi jambu biji saat sahur

Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-26 Puasa Ramadan 1441 H  Ilustrasi Buah Jambu Biji di Pasar (IDN Times/Shemi)

Saat sahur kita membutuhkan asupan yang dapat membantu ketika ibadah puasa di siang hari. Buah-buahan menjadi pilihan utama yang perlu dikonsumsi sebagai asupan yang sehat, seperti buah jambi biji yang terbukti kaya akan kandungan vitamin C.

Dengan vitamin yang mengandung antioksidan kuat yang dapat memperpanjang sistem kekebalan tubuh, jambu biji cocok dikonsumsi saat sahur untuk mempertahankan kesehatan selama berpuasa. Tidak hanya vitamin C, jambu biji juga mengandung kalium, lycopene, dan antikarsinogenik yang baik untuk tubuh.

3. Cara mengatasi kantung mata akibat kurang tidur saat Ramadan

Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-26 Puasa Ramadan 1441 H  Ilustrasi tidur (IDN Times/Shemi)

Saat Ramadan, kantung mata akan mudah muncul karena kurangnya tidur dan jadwal yang berubah. Hadirnya kantung mata disebabkan beberapa otot yang menyokong kelopak mata melemah seiring bertambahnya umur, lemak berpindah ke kelopak bawah, yang dapat membuatnya terlihat seperti bengkak. Bagaimana cara mengatasi kantung mata? 

Salah satunya ialah saat sahur dan berbuka puasa kurangi asupan garam, karena garam dapat membuatmu berisiko alami retensi cairan sehingga dapat membuatnya mengarah ke bagian tubuh yang memiliki kandungan sodium lebih banyak. 

Tidak hanya itu, cobalah untuk tidur telentang dan menambahkan bantal ekstra di bawah kepalamu, karena tidur menyamping atau tengkurep dapat menambah ketebalan kantung mata yang disebabkan cairan gravitasi berkumpul di bawah mata. 

Baca Juga: 11 Sunah yang Dianjurkan Rasulullah SAW Selama Bulan Ramadan

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya