Comscore Tracker

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus Hari ke-20 Puasa Ramadan 1441 H 

Cek waktu azan magrib dan doa berbuka puasa

Jakarta, IDN Times - Puasa Ramadan 1441 Hijriah kini telah berjalan 20 hari. Tersisa sekitar 10 hari lagi sampai akhirnya umat muslim merayakan Hari Raya Idulfitri. Di sepuluh hari terakhir ini, jangan lupa perbanyak ibadah dan doa di bulan yang penuh berkah ini.

Di hari ke-20 Ramadan 1441 H, Rabu (13/5), azan magrib berkumandang pada pukul 17.47 WIB untuk waktu berbuka puasa wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini berdasarkan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 2020/1441 H yang dikeluarkan Kementerian Agama. 

Baca Juga: Selain Puasa Ramadan, Ini 11 Puasa Lainnya dalam Islam

1. Awali berbuka puasa dengan membaca doa

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus Hari ke-20 Puasa Ramadan 1441 H ilustrasi doa (IDN Times/Sunariyah)

Sebelum membatalkan puasa usai azan magrib, jangan lupa membaca doa berbuka puasa. Doa ini untuk menyempurnakan ibadah puasa. 

Berikut doanya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

2. Doa khusus hari ke-20 puasa Ramadan

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus Hari ke-20 Puasa Ramadan 1441 H IDN Times/Rizka Yulita

Di hari ke-20 Ramadan, ada doa khusus yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT untuk meminta ketenangan hati dan agar dibukakan pintu surga.  

Berikut doa Hari ke-20 Puasa Ramadan:

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ

السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq 'annî fîhi abwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur'âni yâ munzilas sakînata fî qulûbil mu'minîn.

Artinya :
Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Alquran di bulan ini, Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin.

3. Hindari minuman berkarbonasi saat berbuka puasa

Waktu Azan Magrib dan Doa Khusus Hari ke-20 Puasa Ramadan 1441 H IDN Times / Auriga Agustina

Di tengah wabah pandemik COVID-19 kita harus memperhatikan asupan saat berpuasa. Salah satu yang perlu dihindari saat berbuka puasa adalah minuman berkarbonasi.

Minuman berkarbonasi meningkatkan produksi asam lambung dan dapat menimbulkan rasa kembung pada perut, apalagi ketika dikonsumsi saat perut kosong. Lebih baik konsumsi air mineral atau air kelapa, dapat melegakan dahaga ketika berbuka. 

Baca Juga: Resep Es Kuwut Khas Bali, Pelepas Dahaga Terbaik Saat Buka Puasa

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya