Comscore Tracker

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan Puitis

Ini dia deretan fakta tentang Erina Gudono!

Jakarta, IDN Times - Nama Erina Sofia Gudono tengah hangat diperbincangkan publik usai dikabarkan segera menikah dengan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep pada Sabtu (10/12/2022) mendatang. Mendekati hari bahagia kedua calon pengantin ini, tentu semakin banyak warganet yang mulai penasaran dan mencari tahu tentang sosok Erina Gudono.

Selain memesona, kabarnya perempuan yang berhasil melepas masa lajang Kaesang tersebut merupakan seorang yang cerdas dan memiliki segudang prestasi. Maka tidak heran adik bontot Gibran Rakabuming itu terpincut dengannya.

Berikut 20 hal tentang Erina Gundono.

1. Perempuan berdarah Jawa kelahiran Amerika Serikat

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan Puitispotret Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)
  • Anak ketiga dari empat bersaudara

Mengutip dari situs web resmi Puteri Indonesia, Rabu (7/12/2022), Erina lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996. Namun, perempuan berusia 25 tahun ini asli berkebangsaan Indonesia dan berdarah Jawa. Bahkan, dirinya bertumbuh besar dan lama menetap di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Erina bukanlah anak semata wayang dari kedua orangnya. Ia anak ketiga dari empat bersaudara.

  • Erina merupakan anak salah seorang profesor

Mengutip dari situs web resmi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada, ternyata Erina adalah seorang anak dari mendiang Profesor Dr Gudono, M.B.A. yang meninggal pada 2016 silam. Profesor Gudono merupakan pria asal Semarang, Jawa Tengah yang sempat menduduki posisi sebagai Guru Besar di FEB UGM dan dianugerahi berbagai penghargaan. Bahkan, mendiang ayah Erina ini juga pernah mendapatkan gelar kehormatan Satyalancana Karya Satya XX pada 2013 silam.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina 

2. Melanjutkan pendidikan S2 di Columbia University

  • Menempuh pendidikan S1 di UGM

Mengutip dari laman Linkedin pribadinya, Setelah menamatkan pendidikannya dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Erina melanjutkan pendidikan strata satu (S1) di tempat ayahnya mengajar yakni UGM, salah satu kampus negeri terfavorit di Indonesia. Ia memilih jurusan studi manajemen keuangan di sana. Kemudian, berhasil lulus sebagai sarjana Ilmu Bisnis dan Manajemen pada 2018 lalu.

  • Melanjutkan pendidikan S2 di Columbia University

Selepas mendapatkan gelar S1 di Tanah Air, calon istri Kaesang ini memutuskan untuk melanjutkan studi S2 di Columbia University, New York dengan jurusan Master of Public Administration sejak 2021.

Bahkan, ia sempat mengambil kurus pendek musim panas di The Chinese University of Hong Kong dalam bidang Bisnis dan Manajemen Ekonomi. Tak hanya itu, Erina juga mengikuti program pertukaran ke Showa Women's University of Japan. Hal ini menandakan bahwa Erina memang sangat hobi belajar.

3. Finalis Puteri Indonesia 2022 dengan segudang prestasi

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan Puitispotret Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)
  • Menduduki posisi 11 besar finalis Puteri Indonesia 2022

Selain karena kisah cintanya dengan Kaesang, nama Erina Gudono juga mulai tersorot publik saat ia menginjakkan kakinya di panggung Puteri Indonesia 2022 dan berhasil menduduki posisi 11 besar. Dirinya terpilih menjadi finalis ajang kecantikan nasional tersebut, lantaran sukses menoreh juara satu Puteri Indonesia DIY pada Desember 2021 lalu. Sebelumnya, perempuan berbakat ini juga pernah menyabet gelar Dimas Diajeng DIY 2018 dan Duta Pariwisata Indonesia pada 2019-2020.

  • Memenangkan beberapa kompetisi akademik nasional dan internasional saat kuliah

Erina juga telah meraup segudang prestasi akademik tingkat nasional maupun internasional selama dirinya mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Salah satunya yaitu menjadi delegasi Indonesia di Harvard World Model United Nation. Bahkan, Erina tercatat berhasil memenangkan juara satu 20 kompetensi bisnis. Dua di antaranya yaitu National Business Plan Competition dan International Business Case Competition. Selain itu, dia juga menerima beasiswa Most Social Spirited Scholar dalam kegiatan UGM FEB Award.

4. Mempunyai karier yang cemerlang

  • Pernah menjadi karyawan e-commerce Tokopedia

Setelah lulus dari UGM, Erina Gudono mengawali kariernya di salah satu perusahaan produsen sabun Procter and Gamble pada akhir 2018. Kala itu, ia bekerja di bidang brand management di perusahaan tersebut. Namun, tidak berselang lama Erina pindah ke perusahaan e-commerce Tokopedia dan menjabat sebagai Associate Brand Strategist sejak April 2019-Oktober 2020 di sana.

  • Bekerja sebagai Finance Analyst di bank investasi internasional 

Berangkat dari Tokopedia, akhirnya Erina mulai meniti karier sejalan dengan gelar S1 yang disandangnya. Ia memutuskan bekerja di Bank Indonesia pada akhir 2020. Bahkan, dirinya memegang dua departemen sekaligus yakni Payment System Policy Departement dan Assistant Manager Apprenticeship. Karier Erina pun semakin cemerlang, selepas bekerja di bank sentral tersebut, dirinya langsung melanjutkan pengalaman karier di bank investasi internasional JP Morgan sebagai Finance Analyst sejak Agustus 2021.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Gibran dan Ketua MK Jadi Jubir Pernikahan Kaesang-Erina

5. Memiliki jiwa sosial yang tinggi

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan Puitispotret Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)
  • Tergabung dalam beberapa komunitas sosial

Erina Gudono juga memiliki jiwa sosial yang tinggi, khususnya dalam bidang pendidikan. Dirinya tergabung dalam Komunitas Harapan Fian Yogyakarta, Komunitas Sekolah Marjinal, dan Takesbook Indonesia.

Komunitas tersebut dibentuk guna membantu mendirikan sekolah untuk anak jalanan atau yang tidak mendapatkan akses pendidikan. Tidak hanya itu, dia juga berpartisipasi dalam social community project di Supiori, Biak, Papua dengan program pengembangan pendidikan dan kewirausahaan di daerah terpencil.

  • Menjalankan beragam program sosial untuk membantu kaum marjinal

Ada pula beragam program sosial yang telah dijalankannya untuk membantu kelompok marjinal di Yogyakarta. Program tersebut yakni Kejar Paket ABC, donasi buku, kelas calistung untuk anak-anak, dan pelatihan kewirausahaan bagi perempuan.

Bahkan, dia membantu kelompok tersebut mendapatkan KTP untuk mempermudah akses sehari-seharinya. Diketahui, Erina juga menjadi relawan di organisasi Kisah Kasih, yang fokus membantu UMKM yang terdampak pandemik COVID-19.

6. Memiliki hobi masak dan traveling

  • Menuangkan hobi masak di Instagram pribadinya

Meski tampak aktif melakukan kegiatan di luar rumah, ternyata calon istri Kaesang ini hobi memasak dan kulineran. Hobinya tersebut kerap kali diunggah di akun Instagram pribadinya @erinagudono. Terlihat dari sorotan instagram-nya, ia mengunggah tutorial makanan khas Italia, macaroni and cheese. Kemudian, juga menyuguhkan tutorial membuat frenchie toastie.

  • Traveling di dalam maupun luar negeri

Selain itu, beberapa aktivitas traveling juga diunggah Erina di feeds Instagram-nya. Terlihat sejumlah foto dia sedang berlibur bersama kakaknya di Singapura dengan mengunjungi beberapa destinasi di sana. Selain itu, juga dia turut mengunggah potret travelingnya ke Waduk Sermo di DIY hingga singgah di Pagoda Kenpark di Surabaya, Jawa Timur.

7. Menjalin hubungan pacaran selama dua bulan

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan PuitisErina Gudono dan Kaesang (dok. Sekretariat Presiden RI)
  • Membangun asmara sejak Maret 2022

Kabar asmara antara Kaesang dan Erina meledak pada Oktober 2022 usai kedua calon mempelai ini membagikan foto pre-wedding di akun Instagramnya. Diketahui, keduanya telah membangun hubungan pacaran sejak Maret 2022.

Dua bulan kemudian, tepatnya satu minggu setelah pagelaran Puteri Indonesia, keluarga Jokowi menyambangi keluarga Erina di kediamannya di Yogyakarta. Kedatangannya tersebut sebagai tanda komitmen Kaesang dan Erina untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius.

 

  • Tertangkap duduk mesra di Istana Merdeka

Sebelum blak-blakan mengekspos kemesraannya di media sosial, Kaesang dan Erina sempat menjadi buah bibir publik. Lantaran, kedua insan ini tertangkap kamera duduk berdampingan saat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Istana merdeka.

Mereka terlihat asyik menikmati lagu 'Ojo Dibandingke' yang dilantunkan penyanyi cilik Farel Prayoga. Momen lainnya juga tertangkap saat keduanya usai menyaksikan pertandingan Persis Solo pada Juni 2022 lalu.

8. Mengunggah kemesraan bersama Kaesang melalui foto prewedding

  • Foto prewedding dilakukan di enam lokasi berbeda

Sebelum ramai dikabarkan pacaran dengan Kaesang, Erina tampak tidak mengunggah kemesraannya dengan kekasihnya tersebut di media sosial. Mengejutkannya, ia langsung upload foto prewedding-nya mulai Oktober 2022 lalu.

Melalui unggahannya tersebut, Erina secara tidak langsung menceritakan bahwa foto prewedding tersebut dilakukan di enam lokasi berbeda. Beberapa tempat tersebut yakni Stadion Manahan Solo, Istana Kepresidenan Solo, Pura Mangkunegaran, Pantai Pandansari, Gumuk Pasir Bantul, dan Gedung Agung Jogja.

  • Profesi foto prewedding sempat terhambat

Melalui laman Instagram pribadinya, Erina juga menceritakan bahwa prosesi foto prewedding juga tidak berjalan mulus. Ia dan Kaesang beserta tim sempat terguyur hujan saat foto di depan mercusuar Pantai Pandansari. Alhasil, Erina-Kaesang serta tim terpaksa mencari lokasi lain agar mendapatkan hasil potret yang lebih bagus lagi.

Baca Juga: Ribuan Relawan Jokowi Akan Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina

9. Erina sosok puitis dan hobi membaca buku

20 Fakta Erina Gudono Calon Mantu Jokowi, Sosok Cerdas dan Puitispotret Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)
  • Erina melontarkan caption puitis di foto pre-wedding 

Finalis Puteri Indonesia 2022 ini acap kali terlihat puitis. Hal ini dibuktikan melalui caption Instagram dalam sejumlah unggahan foto prewedding-nya di Instagram resminya. Bahkan, Kaesang juga sempat meledeknya lantaran hobi menulis kata-kata yang puitis. 

"Kakimu melangkah ke rumahku, setengah melirik mencoba rayu. Apa yang kau inginkan dari senyumanku ya Tuan?" tulis Erina di akun Instagramnya @erinagudono, Sabtu (3/12/2022).

  • Membuat booklist di sorotan Instagram pribadinya

Rupanya, kalimat-kalimat puitis yang dilontarkan Erina tersebut tidak jauh dari hobi membaca bukunya. Hobi baca buku ini ditandai dengan adanya sorotan berjudul "booklist" di akun Instagram pribadinya. Ia juga tampak sedikit mengulas sedikit mengenai buku yang pernah dibacanya.

Berangkat dari hobinya ini, ternyata Erina juga telah membuat e-book berjudul "Paving Way to Top Uni and Ivy League". Ia menulis berbagai tips bagi yang ingin berkuliah di luar negeri dalam buku tersebut.

10. Pernikahan diwalikan oleh kakak kandung Erina

  • Allen Gudono menjadi wali nikah Erina

Kakak kandung Erina Gudono, Allen Adam Rindaldy akan mengambil alih posisi mendiang ayahnya sebagai wali Erina pada akad nikah yang akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022). Diketahui, Allen dan Kaesang telah melaksanakan gladi bersih akad nikah di Pendopo Ambarrukmo, Selasa (6/12/2022).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga turut hadir dalam pernikahan Kaesang-Erina sebagai saksi dari keluarga calon mempelai wanita di momen bahagia tersebut. 

  • Mendapatkan mahar Rp300 ribu 

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Depok, Sleman, Yogyakarta, Muhammad Wiyono mencatat, Kaesang akan memberikan mahar berupa alat salat dan uang tunai sebesar Rp300 ribu kepada Erina. Wiyono sendiri kembali ditunjuk keluarga Presiden Jokowi sebagai penghulu di pernikahan kerabatnya. Sebelumnya, ia menjadi penghulu nikah salah satu keponakan Jokowi yang menikah pada 2021 di Hotel Sheraton Yogyakarta, Depok.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya