Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary Tanoe

Perindo ingin memberi kesejahteraan merata bagi rakyat

Jakarta, IDN Times - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sedari awal hadir dengan tujuan ingin mempercepat kesejahteraan dan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini mulanya adalah sebuah organisasi masyarakat (ormas) yang kemudian beralih menjadi partai politik (parpol).

Pengusaha konglomerat tersebut mendeklarasikan Perindo pada 7 Februari 2015 sebagai parpol baru di tengah era modern Indonesia. Kendati, hari ulang tahun Perindo ditetapkan pada 7 November 2014.

Melihat usianya memang masih muda, namun kontribusi Perindo untuk masyarakat tampaknya sudah cukup besar. Hary Tanoe melalui Perindo terus berusaha membantu kesejahteraan yang adil dan merata untuk masyarakat di Tanah Air.

Berikut rangkuman sederet fakta Perindo yang dikutip IDN Times dari beberapa sumber resmi, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga: Mantan Ketua DPW PSI Jakarta Berlabuh ke Perindo

1. Perindo berjanji membangun Indonesia menjadi adil dan makmur

Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary TanoePartai Perindo gelar Rapat Koordinasi Nasional buat strategi raih suara di Pemilu 2024 (dok. Perindo)

Mengutip laman resmi Perindo, partaiperindo.com, parpol ini mengaku lahir dari semangat untuk mengembalikan cita-cita kemerdekaan. Perindo berjanji membangun Indonesia menjadi negara bersatu, berdaulat, adil dan makmur berlandaskan Pancasila.

Sebab, menurut Perindo, Indonesia belum mapan 100 persen dari segi ekonomi maupun pendidikan, meski sudah dinyatakan merdeka pada 17 Agustus 1945. Karena itu, Perindo bertekad memiliki kader yang cukup di lembaga legislatif dan eksekutif untuk mewujudkan cita-citanya tersebut.

Hary Tanoe selaku ketua umum (ketum) Perindo, melalui partai ini terus berusaha mempercepat digitalisasi untuk membuka kesejahteraan publik, seperti memberi perlindungan menyeluruh bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

UMKM tersebut dari gelombang pasar bebas dunia. Bahkan, ia berharap dapat membuka akses pendidikan yang merata dengan kualitas tinggi di berbagai lapisan masyarakat.

2. Visi dan misi Perindo dalam menyejahterakan masyarakat

Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary TanoeKetua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo melantik organisasi sayap Relawan Perempuan dan Anak (dok. Perindo)

Serangkaian cita-cita Perindo dikemas dalam sebuah visi yaitu mewujudkan Indonesia berkemajuan, bersatu, adil, makmur, sejahtera, berdaulat, bermartabat, dan berbudaya.

Sedangkan, misi yang dilakukan Perindo ialah sebagai berikut ini:

  • Mewujudkan pemerintah yang berkeadilan, yang menjunjung tinggi nilai nilai hukum sesuai dengan UUD 1945.
  • Mewujudkan pemerintahan yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme untuk Indonesia yang mandiri dan bermartabat.
  • Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, bermartabat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.
  • Menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Menegakkan hak dan kewajiban asasi manusia dan supremasi hukum yang sesuai Pancasila dan UUD 1945 untuk mewujudkan keadilan dan kepastian hukum guna melindungi kehidupan rakyat, bangsa dan negara.
  • Mendorong tumbuhnya ekonomi nasional yang berkontribusi langsung pada kesejahteraan warga negara Indonesia.
  • Menciptakan pertumbuhan masyarakat ekonomi lemah menjadi produktif agar mesin ekonomi Indonesia menjadi besar.
  • Memberikan pemahaman digitalisasi dan peningkatan produktivitas UMKM, karena jumlah UMKM di Indonesia yang mencapai 60 juta, berpotensi membuka lapangan kerja dengan jumlah yang sangat besar.
  • Mempertegas positioning Partai Perindo bukan sebagai partai oposisi, melainkan sebagai mitra dan rekan bagi pemerintah agar bisa mengisi kekurangan yang belum dikerjakan pemerintah maupun partai-partai lain untuk kepentingan kemajuan Indonesia.

Baca Juga: TGB Datang ke Aceh Minta Kader Perindo Dongkrak Perolehan Suara

3. Logo Perindo memiliki filosofi tersendiri

Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary TanoePartai Perindo gelar Rapat Koordinasi Nasional buat strategi raih suara di Pemilu 2024 (dok. Perindo)

Logo yang terbentang di atas bendera Perindo bukanlah semata-mata tidak memiliki arti. Pada logo tersebut tampak burung garuda dengan masing-masing sayap memiliki lima helai. Gambar itu melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Pancasila sebagai dasar pijakan.

Kemudian, kepala Garuda menghadap ke kanan menggambarkan sikap partai yang selalu maju berjuang untuk mewujudkan visi partai yaitu Indonesia Sejahtera.

Lalu, bentangan sayap garuda melambangkan sikap Perindo yang siap berjuang tanpa berhenti, tanpa mengenal lelah untuk mewujudkan Indonesia sejahtera, serta berperan aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Sedangkan, warna merah melambangkan keberanian, kekuatan dan semangat tanpa pernah menyerah dalam membangun Indonesia sejahtera. Warna putih berarti Kejujuran, Keterbukaan, dan Ketulusan dalam berjuang. Kemudian, warna biru melambangkan kepercayaan, kebijaksanaan, dan konsistensi dalam berjuang.

4. Perindo berhasil meraih 29 kursi DPRD pada Pemilu 2019

Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary TanoeKetua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo saat melantik Mahyudin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Perindo, Sabtu, 27 Agustus 2022. (ANTARA/HO-Humas Perindo)

Perindo diketahui mendukung penuh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Dalam capaiannya di Pemilu 2019, Perindo berhasil meraih 29 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan 379 DPRD kabupaten/kota.

Kemudian, raihan suara 3.738.320 secara nasional, menandakan Perindo merupakan parpol yang paling tinggi di antara tujuh partai politik non ambang batas DPR lainnya. Hal ini tentu menjadi modal dasar terkuat dan terpenting bagi Perindo untuk mengepakkan sayapnya di Pemilu 2024.

5. Perindo mendapatkan nomor urut 16 pada Pemilu 2024

Profil Partai Perindo, Parpol Besutan Pengusaha Konglomerat Hary TanoePartai Perindo dapat nomor 16 peserta Pemilu 2024 (dok. Perindo)

Perindo siap berkompetisi di Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024. Ada 17 partai politik nasional yang akan berkompetisi pada Pemilu 2024, termasuk Perindo.

"Telah resmi Partai Perindo ikut serta sebagai partai politik di Pemilu 2024 dengan nomor urut 16. Semua nomor adalah bagus tentunya," ujar Harry Tanoe dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Kamis (15/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Hary Tanoe bertekad partainya meraih suara di pemilu legislatif sebesar dua digit suara. Oleh karena itu, Hary meminta seluruh kader dan simpatisan Perindo untuk bekerja keras.

"Itu jadi semangat yang luar biasa bagi kader, pengurus, untuk berjuang memastikan Partai Perindo bisa meraih double digit kursi di DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota," ucap Hary Tanoe.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya