BMKG: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan Petir pada Malam Hari

DKI Jakarta diprediksi berawan pada pagi hingga siang hari

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan disertai petir dan angin kencang pada malam dan dini hari, Jumat (27/1/2023).

Kondisi cuaca tersebut berpotensi melanda Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Sementara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu diperkirakan mengalami hujan ringan pada dini hari.

Kemudian, seluruh wilayah DKI Jakarta diprediksi berawan pada pagi hingga siang hari. Namun, kondisi awan berubah menjadi tebal saat malam hari.

"Suhu udara Jakarta diperkirakan berada pada rentang minimum 23 hingga maksimum 30 derajat Celcius. Sedangkan, kelembapan diperkirakan berada pada kisaran 75 hingga 100 persen," ujar BMKG, dikutip dari ANTARA, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: BMKG: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Maluku Tak Berpotensi Tsunami

1. Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan dengan beragam intensitas

BMKG: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan Petir pada Malam HariIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, BMKG juga memprediksi terjadinya hujan dengan intensitas ringan pada siang hari di sejumlah wilayah Indonesia.

Beberapa di antaranya yakni Banda Aceh, Denpasar, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, dan Medan.

Kemudian, hujan dengan intensitas sedang pada siang hari berpotensi terjadi di Yogyakarta, Gorontalo, Banjarmasin, Ambon, Mamuju, Makassar. Sedangkan, hujan lebat disertai kilat dan petir diperkirakan melanda sejumlah wilayah seperti Bandung, Surabaya, serta Pangkal Pinang.

2. Jakarta berawan pada siang hari

BMKG: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan Petir pada Malam Hariilustrasi langit dan awan (IDN Times/Sunariyah)

BMKG mengungkapkan, wilayah Serang, Jakarta, Jambi, Ternate, dan Kota Jayapura diprakirakan berawan pada siang hari. Namun, Manado diprediksi diselimuti awan tebal.

"Kemudian cuaca cerah berawan berpotensi hadir di Bengkulu, Bandar Lampung, Padang dan Palembang," kata BMKG.

Di sisi lain, hujan ringan diprakirakan mengguyur Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangka Raya, Tarakan, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Manado, dan Medan pada malam hari.

3. Hujan petir tidak hanya melanda Jakarta tapi juga daerah lain

BMKG: Sebagian Wilayah Jakarta Berpotensi Hujan Petir pada Malam Harithetimes.co.uk

Selain Jakarta, hujan lebat disertai kilat dan petir pada malam hari juga diprediksi menerpa Surabaya, Samarinda, Mamuju, hingga Padang. Sedangkan, hujan berintensitas sedang diprediksi turun pada malam harinya di Bandar Lampung dan Palembang.

"Suhu pada hari ini berkisar antara 19 hingga 33 derajat Celcius, dengan tingkat kelembapan 60 sampai 100 persen," ujar BMKG.

Baca Juga: Akibat Hujan Deras, Banjir Rendam Hampir Semua Wilayah Manado

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya