Edisi Hari Pahlawan, PT KAI Layani Penumpang Pakai Kostum Pejuang

PT KAI juga bagi hadiah kepada penumpang, lho.

Jakarta, IDN Times - Edisi memperingati Hari Pahlawan Nasional, petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengenakan kostum bertema pejuang Indonesia selama melayani penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Petugas berkostum pahlawan tersebut merupakan petugas loket, customer service dan petugas boarding. Selain itu, PT KAI juga membagikan hadiah kepada 10 penumpang yang berulang tahun bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Baca Juga: Kronologi Calon Penumpang Siram Kuah Odeng ke Petugas KAI

1. Hadiah berupa kue dan voucher

Edisi Hari Pahlawan, PT KAI Layani Penumpang Pakai Kostum PejuangPetugas PT KAI memberi hadiah ulang tahun kepada penumpang (dok. istimewa)

Hadiah yang diberikan kepada penumpang berupa kue ulang tahun dan voucher kereta sebagai apresiasi dari KAI. Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme dengan menghargai jasa pahlawan.

"Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme dengan menghargai jasa-jasa pahlawan," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Kamis.

2. Sosialisasi perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api

Edisi Hari Pahlawan, PT KAI Layani Penumpang Pakai Kostum PejuangPetugas PT KAI sedang mengarahkan penumpang (dok. istimewa)

Momen ini juga menjadi ajang kesempatan petugas KAI untuk melakukan sosialisasi aturan, yang perlu diperhatikan calon penumpang.

Tentu saja, aturan ini merujuk pada upaya pencegahan COVID-19, sesuai dengan surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022

"Di mana pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas, wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sedangkan pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua," ujar Eva.

Baca Juga: Dipertanyakan: Pahlawan Lelaki Ada 185, Tapi Perempuan Kok Cuma 15

3. Penumpang yang melanggar aturan harus membatalkan perjalanan

Edisi Hari Pahlawan, PT KAI Layani Penumpang Pakai Kostum PejuangLoket customer service PT KAI (dok. istimewa)

Eva menegaskan, calon penumpang tidak diizinkan melanjutkan perjalanan apabila melanggar aturan tersebut. Setelah itu, petugas akan meminta penumpang membatalkan tiket di loket.

"Pengguna jasa yang tidak dapat memenuhi persyaratan saat pemeriksaan tiket maka tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan, dan akan diarahkan oleh petugas untuk melakukan proses pembatalan tiket di loket sesuai prosedur normal," tegasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya