Gerhana Bulan 8 November, Apa yang Terjadi?

Bulan akan tampak berwarna merah

Jakarta, IDN Times - Gerhana Bulan Total diprediksi terjadi di Indonesia pada Selasa (8/11/2022). Selama terjadi GBT, bulan akan berwarna kemerahan karena seluruh bagiannya berada di dalam umbra.

"Saat Bulan memasuki umbra, warna umbra cenderung hitam. Seiring bulan seluruhnya berada di dalam umbra, warna Bulan akan menjadi kemerahan," kata Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pangera, dalam keterangan tertulis yang disitat, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November, Kemenag Minta Umat Islam Banyak Zikir

1. Bulan berwarna merah karena Hamburan Rayleigh

Gerhana Bulan 8 November, Apa yang Terjadi?Google

Berdasarkan hasil penelitian Andi, hal itu dikarenakan terjadinya mekanisme Hamburan Rayleigh di atmosfer Bumi. Hamburan itu terjadi sama seperti mekanisme ketika matahari atau bulan tampak kemerahan saat berada di ufuk rendah.

"Hamburan Rayleigh yang terjadi ketika gerhana bulan sama seperti mekanisme ketika matahari maupun bulan tampak berwarna kemerahan saat berada di ufuk rendah. Langit akan mempunyai rona jingga ketika matahari terbit maupun terbenam," ujar Andi.

Jadi, dalam hal ini, spektrum dengan panjang gelombang lebih pendek seperti ungu, biru, dan hijau, dihamburkan ke angkasa lepas. Sedangkan, spektrum dengan panjang gelombang lebih panjang seperti merah, jingga, dan kuning, diteruskan ke pengamat.

2. Matahari tidak memantulkan cahaya ke bulan

Gerhana Bulan 8 November, Apa yang Terjadi?Ilustrasi Gerhana Bulan di Indonesia. ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Andi menekankan, ketika GBT berlangsung, tidak ada cahaya matahari yang dapat dipantulkan bulan seperti saat mengalami fase Purnama. Gerhana akan berwarna kecokelatan bahkan hitam pekat, apabila ada partikel abu vulkanik menghamburkan cahayanya.

"Gerhana dapat berwarna menjadi lebih kecokelatan bahkan hitam pekat jika partikel seperti debu vulkanik ikut menghamburkan cahaya," kata dia.

3. Air laut mengalami pasang naik lebih tinggi dari biasanya

Gerhana Bulan 8 November, Apa yang Terjadi?google

GBT juga berdampak langsung bagi kehidupan manusia, salah satunya pasang naik air laut lebih tinggi dibanding terjadi gerhana biasanya.

"Dampak dari Gerhana Bulan Total bagi kehidupan manusia adalah pasang naik air laut yang lebih tinggi dibandingkan dengan hari-hari biasanya ketika tidak terjadi gerhana, purnama maupun bulan baru," jelas Andi.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total, Warga Pesisir Jakarta Utara Waspada Banjir Rob

Topik:

  • Satria Permana
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya