Kepulauan Seribu Siapkan Perayaan Tahun Baru 2023 di Pulau Pramuka

Kepulauan Seribu diprediksi tembus hingga 5000 Wisatawan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, akan menggelar perayaan malam Tahun Baru 2023 di Kantor Bupati, Kepulauan Seribu Utara pada Sabtu (31/12/2022) mendatang.

Pemerintah setempat menyiapkan sejumlah pagelaran hiburan termasuk panggung musik di dua kelurahan, yakni Pulau Untung Jawa dan Pulau Panggang.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Suku Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Seribu, Jipandoli Nainggolan, di Jakarta, Jumat (30/12/2022). 

"Kami menggelar tahun baru di Kantor (Bupati) Pulau Pramuka," ujar Jipandoli dikutip dari ANTARA, Jumat.

Baca Juga: DKI Jakarta Mulai Siagakan 461 Pompa Antisipasi Cuaca Ekstrem 

1. Kapal menuju Kepulauan Seribu tidak beroperasi pada sore hari

Kepulauan Seribu Siapkan Perayaan Tahun Baru 2023 di Pulau PramukaPerahu nelayan yang membawa warga Pulau Pramuka dan Pulau Panggang merapat ke haluan KRI Teluk Youtefa-522 yang lego jangkar saat Operasi Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat, 23 Juli 2021 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jipandoli mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menghibur wisatawan dan warga setempat dalam rangka menyambut Tahun Baru 2023. Terlebih lagi, Kepulauan Seribu gencar menambah kunjungan wisatawan jelang akhir tahun 2022.

Wisatawan dapat menuju Kepulauan Seribu dengan menumpang kapal penyeberangan dari Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara dan Dermaga Marina di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. 

Namun, kapal tidak beroperasi melayani penumpang pada sore hari karena mempertimbangkan keselamatan pelayaran. Hal ini merujuk pada kondisi cuaca buruk yang belakangan ini kerap terjadi.

Baca Juga: Libur Natal 2022, Ada 36.932 Pengunjung ke Taman Margasatwa Ragunan

2. Tercatat sebanyak 1.502 wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Siapkan Perayaan Tahun Baru 2023 di Pulau PramukaPulau Seribu (instagram.com/randireyaan)

Sementara itu, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat, sekitar 1.502 wisatawan lokal dan mancanegara telah mengunjungi Kepulauan Seribu pada 26-28 Desember 2022. 

Sebanyak 1.443 di antaranya merupakan wisatawan lokal dan 59 merupakan wisatawan mancanegara.

Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, memprakirakan jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat, khususnya saat menjelang malam pergantian tahun.

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Kepulauan Seribu, 7 Penumpang Selamat

3. Jumlah wisatawan diprediksi tembus hingga lima ribu orang

Kepulauan Seribu Siapkan Perayaan Tahun Baru 2023 di Pulau PramukaJembatan Cinta Kepulauan Seribu. Foto: Kepulauan Seribu Jakarta.go.id

Puji Hastuti memprediksi total wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 kemungkinan akan tembus hingga lima ribu.

Kendati demikian, pemerintah mengimbau pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Beberapa di antaranya seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di DKI Jakarta.

Baca Juga: Dua Pulau Resor Kepulauan Seribu Dapatkan Listrik Lewat Bawah Laut

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya