Mengenal Pasar Cipulir, Grosir Murah Incaran Pengusaha Retail Pakaian

Siapa yang belum tahu Pasar Cipulir?

Jakarta, IDN Times - Setelah Pasar Tanah Abang, Pasar Cipulir juga menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang paling diburu masyarakat, khususnya oleh para pelaku usaha retail pakaian di Tanah Air. Sebab, Pasar Cipulir ini memang terkenal sebagai grosir garmen dan tekstil yang harganya sangat merakyat.

Lokasi Pasar Cipulir sangat strategis, sebab terletak di antara Jakarta Selatan dengan Kabupaten Tangerang tepatnya di Ciledug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Maka, tidak heran kalau pasar yang sering disebut sebagai Pasar Tanah Abang kedua ini selalu ramai pengunjung.

Berikut ulasan mengenai Pasar Cipulir yang dirangkum IDN Times dari beberapa sumber, Jumat (25/11/2022).

1. Pasar Cipulir menjual pakaian dengan harga murah kualitas bintang lima

Mengenal Pasar Cipulir, Grosir Murah Incaran Pengusaha Retail PakaianIlustrasi Pasar Cipulir (eviindrawanto.com)

Mengutip dari glosiran.com, Pasar Cipulir sudah berdiri sejak tahun 1989 dan para pedagang biasanya menjual pakaian secara grosiran. Namun, siapa sangka bahwa pakaian yang dijual dengan harga ramah tersebut memiliki kualitas bintang lima.

Pasar ini menjual pakaian sangat lengkap, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bahkan, model pakaian yang disajikan juga mengikuti tren dan mode yang kekinian, sehingga pedagang tidak khawatir kalau dagangannya akan tidak laku. 

Para pelaku usaha membeli barang di pasar ini untuk menjualnya kembali dengan eceran. Mereka bisa membeli grosir garmen dan tekstil mulai dari harga Rp5 ribu saja di Pasar Cipulir.

2. Pasar Cipulir terbagi menjadi dua bagian

Mengenal Pasar Cipulir, Grosir Murah Incaran Pengusaha Retail PakaianIlustrasi ITC Cipulir Mas (rumah.com)

Sebelum berkunjung ke Pasar Cipulir, kamu harus mengetahui bahwa pasar ini terbagi menjadi dua. Bila pengunjung datang dari arah Kebayoran lama, maka akan terlihat pasar di sebelah kanan yang terkenal dengan sebutan Pasar Inpres Cipulir.

Pasar ini merupakan versi tradisionalnya dan kehadirannya cukup unik. Sebab, pedagangnya sudah mulai aktif berjualan sehabis waktu Subuh atau sekitar pukul 5 pagi. Sedangkan, selambat-lambatnya pasar ini tutup pada pukul 3 sore, terkadang juga pukul 5 sore untuk toko-toko di bagian luarnya.

Kalau dari arah kiri, pengunjung akan melihat sebuah bangunan cukup tinggi. Nah, gedung tersebutlah yang dinamakan ITC Cipulir Mas dan pastinya lebih moderen dibanding pasar Inpres. ITC Cipulir juga lebih tertata rapi dan sangat padat apabila menjelang Hari Raya Lebaran.

Baca Juga: Pasar Cipulir Terbakar, Suami-Istri Meninggal Dunia

3. Menjual elektronik juga dan lokasinya mudah diakses

Mengenal Pasar Cipulir, Grosir Murah Incaran Pengusaha Retail PakaianIlustrasi ITC Cipulir Mas (rumah.com)

Tidak hanya menjual produk sandang, pasar grosir terbesar ini juga menjual berbagai barang elektronik seperti smartphone di lantai 4 ITC Cipulir Mas. Ada pula produk tas, sepatu, beserta perlengkapan salat.

Maka, sangat wajar apabila pasar ini sangat sesak ketika menjelang Hari Raya Lebaran atau mulai tahun ajaran baru. Sebab, gunungan berbagai jenis pakaian memenuhi lantai pasar dan tentunya padat pengunjung.

Bahkan, ada food court juga yang dapat membantumu menangani kelaparan saat lelah menjelajah dan berburu di pasar ini.

Akses Ke Pusat Grosir Pasar Lama Cipulir maupun ke Pasar Baru ITC Cipulir sangatlah mudah sekarang karena sudah di dukung oleh sebuah stasiun BRT Transjakarta yang terletak di Jalan Ciledug Raya, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya