Menteri Yasonna, Najwa Shihab, hingga Ganjar Siap Ramaikan Pekan HAM

Pekan HAM digelar di Bogor pada 3-12 Desember

Jakarta, IDN Times - Mendekati Hari HAM yang jatuh pada 10 Desember mendatang, Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, dan panitia Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) menggelar serangkaian kegiatan pada 3-12 Desember 2022. 

Kegiatan tersebut dimulai dari rangkaian diskusi panel yang menghadirkan tokoh-tokoh bidang hukum populer di Indonesia, gebyar ekonomi kreatif, serta penampilan seni dan budaya

"Pekan HAM ini bertujuan untuk melakukan refleksi bersama semua pemangku kepentingan terkait progres dan pemajuan HAM, membangun ruang dialog, ajang ekspresi serta aksi kolaborasi seluruh pemangku kepentingan," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, dikutip dari ANTARA, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga: Alasan Komnas HAM Buat Tim Ad Hoc Selidiki Pelanggaran HAM Berat Munir

1. Pekan HAM menjadi komitmen bersama para pemangku kepentingan

Menteri Yasonna, Najwa Shihab, hingga Ganjar Siap Ramaikan Pekan HAMWali Kota Bogor Bima Arya (IDN Times/Kevin Handoko)

Bima Arya juga menyampaikan, Pekan HAM kali ini mengusung tema besar "Kontekstualisasi Kearifan Lokal Dalam Pemajuan HAM dan Kota Inklusif". Tema ini bertujuan menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama para pemangku kepentingan, untuk pemajuan HAM dan inklusi sosial.

"Ini komitmen bersama. Pemajuan HAM dan inklusi sosial harus terus diupayakan terutama terkait permasalahan yang selama ini terus menjadi tantangan," ujarnya.

2. Yasonna Laoly hingga Najwa Shihab menghadiri Pekan HAM Kota Bogor

Menteri Yasonna, Najwa Shihab, hingga Ganjar Siap Ramaikan Pekan HAMNajwa Shihab (IDN Times)

Pekan HAM Kota Bogor menghadirkan sejumlah tokoh dan aktivis nasional maupun lokal dalam diskusi panel tematik. Beberapa di antaranya yakni, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Ketua KPK RI Firli Bahuri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur The Wahid Institute Yenny Wahid, dan Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro.

Kemudian, Pemerintahan Kota Bogor juga turut mengundang presenter Najwa Shihab, politisi Grace Natalie, pengamat politik Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid, Rektor IPB Arif Satria, Rektor Universitas Katolik Parahyangan Mangadar Situmorang, Rektor Universitas Pakuan Didik Notosudjono, dan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

Baca Juga: Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember, 5 Kasus HAM Ini Tak Kunjung Tuntas

3. Puncak Pekan HAM digelar pada 12 Desember 2022

Menteri Yasonna, Najwa Shihab, hingga Ganjar Siap Ramaikan Pekan HAMIDN Times/Margith Juita Damanik

Lalu, ada pula Koordinator Indonesia Corruption Watch/ICW Adnan Topan Husodo, Direktur Imparsial Gufron Mabruri, Komisioner Komnas HAM 2017-2022 Beka Ulung Hapsara, Setara Institute Ismail Hasani, Komisioner Komnas Perempuan Bahrul Fuad, Direktur Eksekutif Rumah Kita Lies Marcoes Natsir, beberapa duta besar dan wali kota hingga para tokoh serta aktivis lokal lain.

Ketua Pelaksana Pekan HAM, Marse Hendra Saputra, menyebut agenda ini akan digelar di seluruh kecamatan di Kota Bogor. Sedangkan, puncak Pekan HAM akan dilangsungkan di Halaman Gedung Bakorwil dan BCC, Senin (12/12/2022).

"Acara Puncak Pekan HAM akan dilaksanakan pada Senin (12/12/2022) di Halaman Gedung Bakorwil dan BCC," kata Marse.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya