Comscore Tracker

Perkuat Tim Trauma Healing, Polda Metro Kerahkan 48 Polwan ke Cianjur

Total ada 95 relawan yang diberangkatkan hari ini

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya kembali mengirim anggota Polisi Wanita (polwan) ke Cianjur, Jawa Barat. Sebanyak 48 anggota polwan dikerahkan untuk memperkuat tim Trauma Healing Polwan yang bertugas di Posko Bencana Gempa Bumi di sana.

“Tujuan dari adanya relawan ini agar para korban yang mengalami musibah gempa dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan menghilangkan stres serta trauma dampak dari musibah,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langgeng Purnomo di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Kesamaan Gempa Cianjur dan Gempa Jogja 2006, Timbulkan Kerusakan Besar

1. Total ada 95 relawan yang diterjukan

Perkuat Tim Trauma Healing, Polda Metro Kerahkan 48 Polwan ke CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selain polwan, kata Langgeng, ada relawan lainnya yang diterjunkan Polda Metro Jaya. Beberapa di antaranya yakni 17 personel Direktorat Samapta (Ditsamapta) dan 30 personel relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Tim Trauma Healing ini diturunkan untuk membantu memulihkan psikologis para korban terdampak trauma akibat gempa bumi di Cianjur, khususnya anak-anak.

"Bantuan yang diberikan juga berupa makanan dan mainan kepada anak-anak," kata Langgeng.

Baca Juga: Tim Geologi Bangun 19 Sumur Bor untuk Korban Gempa Cianjur

2. Sebanyak 1.032 relawan dikerahkan pada gelombang pertama

Perkuat Tim Trauma Healing, Polda Metro Kerahkan 48 Polwan ke CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Langgeng mengatakan, pemberangkatan personel dan relawan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan oleh Polda Metro Jaya selama penanganan pascagempa Cianjur.

Sebelumnya, pada gelombang pertama Polda Metro Jaya telah memberangkatkan 1.032 relawan. Mereka terdiri dari 312 tenaga kesehatan, 689 tenaga nonkesehatan, dan 31 relawan dokumentasi.

Polda Metro Jaya juga pada gelombang pertama menyalurkan bantuan berupa bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, karpet, terpal, dan peralatan mandi.

Baca Juga: Dirnarkoba Polda Metro: Alkohol Harus Dihilangkan dari Jakarta

3. Polda Metro Jaya mengerahkan 25 relawan bidang kesehatan di gelombang kedua

Perkuat Tim Trauma Healing, Polda Metro Kerahkan 48 Polwan ke CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selanjutnya, Polda Metro Jaya juga menurunkan 25 relawan di gelombang kedua pada Senin (28/11/2022). Relawan tersebut di antaranya yakni tenaga kesehatan (nakes) dan tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Metro Jaya ke Cianjur.

Pada gelombang kedua tersebut Polda Metro Jaya juga memberi bantuan berupa susu bayi, makanan pengganti Air Susu Ibu (ASI), selimut, popok bayi, disinfektan dan perlengkapan mandi, cuci, kakus (MCK).

Baca Juga: Hampir Dua Pekan Ditangani, Penyebab Gempa Cianjur Belum Jelas

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya