Potensi Bencana di Musim Hujan Ancam Jakarta Utara, Warga Diminta Waspada

Bukan hanya bencana banjir, tapi juga kebakaran 

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Jakarta Utara (Jakut), Ali Maulana Hakim terus mengingatkan warganya untuk waspada terhadap potensi bencana di musim penghujan. Hal tersebut disampaikan Ali saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (27/10/2022).

"Potensi musibah bisa terjadi di mana pun, apalagi saat ini sudah mulai masuk musim hujan. Untuk itu saya ingatkan untuk selalu waspada," tegas Ali Maulana Hakim.

1. Warga harus selalu bersiap diri dalam menghadapi potensi bencana

Potensi Bencana di Musim Hujan Ancam Jakarta Utara, Warga Diminta WaspadaIlustrasi banjir. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Hal itu juga disampaikan Ali mengingat terdapat beberapa titik wilayah, yang menjadi langganan banjir di Jakarta Utara. Beberapa wilayah tersebut meliputi Kelapa Gading, Tanjung Priok, Penjaringan, dan Gunung Sahari.

Menurut Ali, terdapat dua langkah kecil yang harus dilakukan warga dalam meningkatkan kewaspadaan potensi bencana saat musim hujan. Dua langkah tersebut yakni, berupa kesiapan diri apabila terjadi bencana dan harus rajin melihat kondisi lingkungan sekitar.

Baca Juga: Antisipasi Banjir dan Bencana, Polri Instruksikan Ini ke Seluruh Polda

2. Pemkot Jakut juga mengingatkan warga untuk waspada kebakaran

Potensi Bencana di Musim Hujan Ancam Jakarta Utara, Warga Diminta WaspadaIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak melulu bicara soal banjir, selaku pemerintah kota (Pemkot) Jakut, Ali juga mengingatkan warga untuk waspada terhadap bencana kebakaran. Sebab, belakangan ini marak terjadi musibah kebakaran pada beberapa pemukiman di Jakarta Utara.

"Mari kita selalu untuk saling mengingatkan waspada potensi bencana kepada sesama. Saling mengecek rumah dan lingkungan sekitar untuk membenahi potensi kebakaran," jelasnya.

3. Berdoa bersama agar terhindar dari bencana

Potensi Bencana di Musim Hujan Ancam Jakarta Utara, Warga Diminta WaspadaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Mengenai kekhawatiran potensi-potensi bencana tersebut, Ali pun mengajak seluruh masyarakat untuk berikhtiar dan berdoa bersama agar selalu dalam perlindungan Yang Maha Kuasa. Dia menganjurkan doa tersebut digelar di setiap kelurahan dan kecamatan se-Jakarta Utara.

"Mari kita berdoa agar selalu diberikan perlindungan dan dijauhkan dari bencana," tutupnya.

Baca Juga: Bencana Alam Mengancam, Menko PMK Minta Data Lapangan Cepat dan Tepat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya