RSPP Resmi Jadi Bagian Mayo Clinic untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan 

Komitmen RI untuk layanan kesehatan berstandar internasional

Jakarta, IDN Times - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) melalui Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) bersinergi dengan Mayo Clinic. Melalui sinergi ini, RSPP resmi menjadi bagian dari Mayo Clinic Care Network (MCCN).

Hal ini diumumkan melalui acara Public Announcement yang diselenggarakan di Gedung Graha RSPP, Jakarta, Kamis (26/1/2023). 

“Kolaborasi antara Mayo Clinic dan RSPP menunjukan komitmen Indonesia untuk meningkatkan layanan kesehatan berstandar internasional. Kami mengapresiasi upaya ini, terlebih ini dilakukan oleh RSPP, yang merupakan institusi badan usaha milik negara (BUMN), sehingga dapat menjalankan mandat pemerintah untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Baca Juga: Hari Jadi ke-50, RSPP Lengkapi Instalasi Kedokteran Nuklir Canggih

1. RSPP diharapkan dapat meningkatkan layanan klinis kepada masyarakat

RSPP Resmi Jadi Bagian Mayo Clinic untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan IHC RSPP menjalin kerja sama dengan Mayo Clinic. (Dok. IHC RSPP)

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, pihaknya berharap kolaborasi antara IHC dan Mayo Clinic akan berlanjut, salah satunya melalui Bali International Hospital. 

”Kami meyakini IHC sebagai pioneer untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional dan ekosistem kesehatan nasional,” ujarnya.

Senada dengan itu, Wakil Menteri Kesehatan (Menkes) Dante Saksono Harbuwono berharap, RSPP dapat meningkatkan layanan klinis kepada masyarakat. 

Sebab, sebagai jaringan dari MCCN, RSPP akan memiliki akses terhadap perkembangan ilmu kesehatan global termasuk pada kasus-kasus spesifik dan kasus langka.

“Melalui sinergi ini, tenaga kesehatan RSPP dapat meningkatkan keahlian klinisnya. Ini akan menjadi aset yang sangat berharga, untuk RSPP pada khususnya dan secara umum untuk dunia kesehatan di Indonesia,” jelas Dante.

2. Sinergi antara IHC dengan Mayo Clinic dapat menguntungkan

RSPP Resmi Jadi Bagian Mayo Clinic untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan RSPP resmi menjadi bagian dari MCCN, Kamis (26/1/2023). (Dok. IHC)

Kemudian, Direktur Utama (Dirut) IHC Mira Dyah mengatakan, sinergi ini akan memberikan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP untuk meningkatkan kemampuannya dalam skala internasional.

“Salah satunya, tim medis RSPP dapat melakukan teleconference dengan ahli kesehatan dari Mayo Clinic,” ujar Mira.

Dia meyakini, melalui sinergi ini pihaknya dapat mengakses keahlian internasional yang dimiliki Mayo Clinic, sehingga pada akhirnya akan memberi keuntungan bagi konsumen pengguna layanan RSPP, baik pasien maupun lembaga asuransi kesehatan.

“Salah satu keunggulan lain adalah tenaga medis kami dapat berinteraksi dengan tim ahli Mayo Clinic, seperti ahli kanker, melalui jaringan langsung eBoards untuk berdiskusi kasus kesehatan spesifik untuk kebutuhan layanan kami kepada pasien,” tambahnya.

IHC merupakan salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero). Sebagai pemegang saham mayoritas, Pertamina mendukung kerja sama yang terjalin antara Pertamina Bina Medika (PBM) IHC dan Mayo Clinic.

“Ini menjadi upaya unlock value perusahaan dimana melalui sinergi ini dapat memperkuat keunggulan perusahaan dan menjadi nilai tambah bagi pemerintah, pemegang saham, masyarakat, serta stakeholder lainnya,” ujar Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

3. IHC RSPP memiliki akses pada perangkat dan layanan kesehatan Mayo Clinic

RSPP Resmi Jadi Bagian Mayo Clinic untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan RSPP resmi menjadi bagian dari Mayo Clinic, Kamis (26/1/2023). (Dok. IHC)

Melalui kerja sama dengan Mayo Clinic Care Network, tenaga kesehatan IHC RSPP memiliki akses pada perangkat dan layanan kesehatan Mayo Clinic, termasuk: 

AskMayoExpert

Perangkat informasi terhadap berbagai kejadian kesehatan termasuk protokol kesehatan, rekomendasi perawatan dan referensi medis. Bank data ini dapat digunakan dimana pun, sesuai dengan kebutuhan.

eBoards

Merupakan perangkat siar langsung, yakni video conference yang terjadwal dimana tim medis RSPP dapat mendiskusikan kasus kesehatan yang kompleks dengan tim Mayo Clinic, yang terdiri dari berbagai bidang serta dokter ahli dari Mayo Clinic Care Network.

Konsultasi Layanan Kesehatan

RSPP memiliki akses kepada pengalaman luar biasa yang dimiliki Mayo Clinic, termasuk pengetahuan dan ahli subspesialis terkait dengan aspek klinis, operasional, dan tujuan bisnis.

Kemudian, Staf IHC RSPP juga dapat menggunakan materi-materi edukasi pasien dan akses terhadap pengembangan profesi dan peningkatan keahlian yang berkelanjutan.

“Kami menyambut bergabungnya IHC RSPP dalam jaringan Mayo Clinic Care Network,” kata Brian Costello, Medical Director Mayo Clinic International. 

“Mengusung nilai penting yang sama bagi kedua organisasi, yakni kualitas tinggi dan fokus pada pasien. Kami antusias dalam bekerja sama untuk meningkatkan layanan kesehatan,” lanjutnya.

Baca Juga: RSPP Kehilangan 3 'Perwira' Lawan COVID-19, Dirut: Tahun Berduka 

4. IHC RSPP dan MCCN merupakan institusi independen

RSPP Resmi Jadi Bagian Mayo Clinic untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan Rolasih Yufarini, Perawat di RSPP Extention Modular Simprug Rujukan COVID-19 (Dok. Humas RSPP)

IHC RSPP dan anggota Mayo Clinic Care Network lainnya merupakan institusi independen. Namun, memiliki komitmen sama untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan di bidang kesehatan. Berdiri pada tahun 2011, MCCN saat ini memiliki lebih dari 45 member di Amerika Serikat, Asia, India, Meksiko, dan Timur Tengah.

Sedangkan, Pertamedika IHC merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Perusahaan juga merupakan induk usaha rumah sakit BUMN, yang mengelola 36 rumah sakit serta berafiliasi dengan 39 rumah sakit, serta 172 klinik kesehatan di seluruh Indonesia.

IHC Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) adalah salah satu rumah sakit yang dimiliki dan dikelola oleh PT Pertamina Bina Medika IHC. IHC RSPP beroperasi sejak 6 Januari 1972, dengan standar layanan berdasarkan akreditasi KARS predikat Paripurna. Center of Excellence rumah sakit antara lain Cardio Neurovascular Center, Burn Centre, Minimal Invasive Surgery Center, and Aesthetic Centre, dan teknologi terbaru.

Di sisi lain acara Public Announcement ini juga dihadiri perwakilan Kementerian Luar Negeri. Selain itu, Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Salyadi Saputra dan Pemegang Saham IHC, Profesor dan Ahli Kesehatan di Tanah Air, konsumen dan stakeholder IHC, serta tim Mayo Clinic International.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya