Siswa SMP Sambut Gembira Olimpiade Literasi Pemkot Jakut

Olimpiade Literasi diikuti dua sekolah di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Perpusip) Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar Olimpiade Literasi edisi Februari 2023 di Pojok Baca Digital (Pocadi), Lobi Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (28/2/2023). Asyiknya, siswa membuat puisi menjadi tema utama dalam kegiatan tersebut. 

"Puisi merupakan karya sastra yang mengungkapkan perasaan dan pikiran yang ditulis dengan kata-kata indah. Selain sebagai bentuk ekspresi, puisi juga berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan ide dan gagasan terhadap suatu hal atau peristiwa," kata Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: Ini 3 Siswa Terbaik di Olimpiade Siswa Cerdas 2022 oleh Pijar Sekolah 

1. Para pelajar akan dilatih untuk rangkaian Olimpiade Literasi Juni 2023

Siswa SMP Sambut Gembira Olimpiade Literasi Pemkot JakutIlustrasi pelajar (IDN Times/Mardya Shakti)

Andri menjelaskan, Olimpiade Literasi adalah kumpulan dari kemampuan literasi yang akan dilombakan. Para pelajar akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan berliterasi dalam menulis, membaca, mendongeng, pidato, dan lainnya melalui olimpiade ini.

"Para pelajar ini akan dilatih terlebih dahulu sebagai persiapan menuju rangkaian kegiatan Olimpiade Literasi yang dijadwalkan akan berlangsung di Juni 2023. Semakin banyak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut maka semakin bagus kualitasnya. Tekuni sesuatu sampai berprestasi, mudah-mudahan nantinya akan ada sastrawan dan penyair handal di masa depan," jelas dia.

2. Olimpiade saat ini diikuti dua sekolah

Siswa SMP Sambut Gembira Olimpiade Literasi Pemkot JakutIlustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Sementara, Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Perpusip Kota Administrasi Jakarta Utara, Iwan Hery Susanto, mengungkapkan, gerakan litersi ini merupakan kesadaran bersama untuk membangun sadar literasi.

Iwan mengatakan, Olimpiade Literasi sementara ini baru diikuti pelajar dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 121 Jakarta dan SMPN 84 Jakarta.

"Untuk peserta Olimpiade Literasi kali ini berasal dari SMPN 121 Jakarta dan SMPN 84 Jakarta," kata dia.

Baca Juga: 36 Siswa SMKN 12 Jakarta Siap-Siap Daftar KTP-El Jelang Pemilu 2024

3. Mendapat dukungan dari siswa

Siswa SMP Sambut Gembira Olimpiade Literasi Pemkot JakutIlustrasi siswa SMP (IDN Times/Siti Umaiyah)

Salah satu pelajar kelas VIII SMPN 121 Jakarta, Saidah Munawaroh, merespons positif kegiatan Olimpiade Literasi tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat menyenangkan dan dapat mengembangkan bakat siswa.

"Kalau aku lebih suka puisi sama membaca. Ini termasuk kegiatan yang menarik dan seru, karena selain mengembangkan bakat yang kita miliki, juga bisa bertemu dengan teman-teman dari sekolah lain," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya