Comscore Tracker

UU PLP Akhirnya Disahkan, Desy Ratnasari: Alhamdulillah Terwujud! 

UU PLP mencakup semua dunia psikologi

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi PAN, Desy Ratnasari, mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas disahkannya Undang-Undang (UU) Pendidikan dan Layanan Psikologi (PLP) pada Kamis (7/7/2022).

Pengesahan UU PLP ini dilakukan saat Rapat Paripurna Ke-28 penutupan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Alhamdulillah harapan semua pihak yang selama ini berkecimpung di dunia psikologi akhirnya terwujud. Keberhasilan ini tentu berkat kemudahan yang diberikan Allah SWT, dan dukungan semua pihak," ucap Desy.

1. UU PLP mencakup semua aktivitas dunia psikologi

UU PLP Akhirnya Disahkan, Desy Ratnasari: Alhamdulillah Terwujud! Ilustrasi anggota DPR rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Desy juga mengatakan, UU PLP ini mencakup semua dunia psikologi, mulai tentang standar layanan psikologi hingga partisipasi psikolog dan masyarakat.

"Cakupannya tentang standar pendidikan psikologi, standar Layanan psikologi, organisasi profesi, psikolog asing dan psikolog lulusan luar negeri, hak dan kewajiban psikolog dan klien, hingga partisipasi psikolog dan masyarakat," jelas Desy.

Baca Juga: Dukung UU Pendidikan dan Layanan Psikologi, Nadiem: Modal Hidup Sehat

2. Rincian pihak yang mendukung UU PLP

UU PLP Akhirnya Disahkan, Desy Ratnasari: Alhamdulillah Terwujud! Suasana Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (1/09/2020) (Youtube.com/DPR RI)

Desy menyebutkan ada beberapa pihak yang mendukung pengesahan UU PLP, antara lain:

Seluruh pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR, seluruh anggota Baleg, Panitia Kerja (Panja) RUU Praktik Psikologi, tenaga ahli Baleg, pimpinan Komisi X, seluruh Kapoksi Komisi X, anggota Komisi X, fraksi PAN khususnya Dewi Coryati, HIMPSI, asosiasi dan ikatan psikologi, AP2TPI, para pakar psikologi khususnya Dr. Nani, Prof Irma, Prof Juke, Prof Fathur dan Dr. Dicky,

Serta tim teknis Komisi X yang telah berjuang atas RUU ini secara maraton sejak 2019 hingga 2022.

3. Desy juga merintis karir sebagai psikolog

UU PLP Akhirnya Disahkan, Desy Ratnasari: Alhamdulillah Terwujud! instagram.com/desyratnasariterdepan

Sebagai informasi, Desy Ratnasari tidak hanya mertintis karir sebagai aktris dan politisi saja. Ia juga merupakan seorang psikolog, lulusan S1 Psikologi Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta.

Hebatnya, saat ini Desy dipilih sebagai kandidat Doktor dengan topik disertasi tentang kepemimpinan perempuan di dunia politik, Unika Atma Jaya Jakarta.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya