Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan Terjadi

Pensiuannya tokoh-tokoh senior akan memberi kesempatan bagi politikus muda

Popularitas Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tentunya tak diragukan lagi. Di tangannya, PDIP mampu menjadi partai yang solid dan kokoh. Namun, tersebar isu bahwa tak lama lagi putri dari Presiden RI pertama Soekarno ini akan pensiun.

Dikutip Tempo.co, (5/4), pensiunnya Megawati dari ranah politik mendapatkan reaksi positif oleh pengurus partai. Meski Megawati sudah tidak memimpin lagi, namun pengurus partai meyakini hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja partai yang kuat sejak lama ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada 6 hal yang akan terjadi apabila Megawati pensiun dari dunia politik, antara lain adalah sebagai berikut:

1. PDIP akan kehilangan figur utama dalam tubuh partai.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapilu) DPD PDIP Jawa Timur Sonny T. Danaparamita mengatakan bahwa Megawati adalah figur utama dari partai berlambang banteng bermoncong putih ini. Dengan pensiunnya Megawati artinya partai ini akan kehilangan figur utama tersebut.

Pasalnya dalam sejarah kongres partai, Megawati terpilih sebagai ketua umum tidak hanya sekadar musyawarah mufakat, namun juga terpilih secara aklamasi.

2. Kehilangan sosok inspiring.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Sonny juga mengatakan bahwa Megawati adalah pemimpin partai yang menginspirasi, pemersatu, dan bagi banyak orang terutama kader PDIP. Mencari sosok semacam ini, kata dia, tidaklah mudah.

3. Namun, tidak akan berpengaruh pada proses pemilu partai di masa mendatang.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Isu mundurnya Megawati Soekarnoputri juga menurut Sonny tidak akan berpengaruh pada proses pemilu partai di masa mendatang. Menurutnya, PDIP memiliki sistem partai yang kuat karena dibangun berdasarkan ideologi sehingga tidak akan berdampak apapun dalam kepemimpinan di masa mendatang.

4. PDIP tidak selamanya akan bergantung pada Megawati.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Di tempat lain, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan keputusan Megawati untuk berhenti sebagai Ketum PDIP adalah manusiawi. Tetapi, Hasto menegaskan bahwa PDIP tidak memiliki rasa ketergantungan atau patronise terhdap Megawati.

Baca Juga: Beberapa Pengurus PDIP Membelot dan Mendukung Anies-Sandi. 

Hasto menambahkan meski Megawati adalah sosok yang mampu memberikan arah pergerakan yang baik bagi partai, namun bukan berarti arahan tersebut adalah mutlak seperti titah raja kepada bawahannya. Megawati selalu memberikan ruang yang luar terkait implementasi instruksi tersebut.

5. Akan ada regenerasi kepemimpinan.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Pengamat politik CSIS J Kristiadi melihat sinyal pensiun dari Megawati adalah sinyal kepada kaum muda PDI-P untuk bersiap diri mengambil alih kepemimpinan partai. Namun, para kader muda tersebut harus tau bahwa beban yang diemban nantinya sebagai pengganti Megawati tidaklah ringan.

6. Pensiunnya Megawati berdampak positif bagi demokrasi Indonesia.

Andai Megawati Benar-benar Pensiun, 6 Hal Ini Diprediksi Akan TerjadiIDN Times

Sebaliknya, pakar psikologi politik Hamdi Moeloek mengatakan bahwa pensiunnya Megawati akan berdampak positif. Dia melihat saat ini banyak nama-nama besar di dunia politik yang dihuni oleh sosok yang sudah berusia lanjut, misalnya Demokrat, Golkar, Nasional Demokrat, dan Hanura. Hamdi berharap peremajaan partai (pengajuan pensiun) ini juga akan diikuti oleh partai-partai lainnya. Pensiunnya para tokoh senior akan memberikan kesempatan bagi politikus muda untuk lebih banyak berkiprah.

Baca Juga: Megawati Pensiun, Akankah Jokowi Jadi Ketua Umum PDIP Selanjutnya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya