Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita Lakukan

Jangan biarkan terorisme makin berkembang!

Saat ini, paham radikalisme (yang bisa berujung pada terorisme) menjadi ancaman bagi umat manusia. Para peneror biasanya tak segan mengambil nyawa orang lain. Bahkan dia juga siap mati apabila mendapatkan perlawanan dari kepolisian saat melakukan aksinya. Kenapa mereka bisa "segila" itu? Kenapa mereka bisa sepercaya itu bahwa apa yang mereka lakukan itu adalah hal yang benar?

Jawabannya adalah karena bibit terorisme dan kekerasan telah tertanam di dalam otak mereka sejak kecil. Terorisme menjadi sebuah "kepercayaan" tersendiri. Bibit ini ditanamkan oleh oknum tertentu dengan gaya bahasa yang persuasif dengan kedok sebagai aksi jihad.

Agar aksi teror tidak semakin berkembang, pencegahan sangat perlu dilakukan. Berikut adalah 11 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bibit terorisme pada generasi muda.

1. Perlunya menerapkan kurikulum anti-teror sejak dini.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: rumahpengetahuan.web.id

Usai aksi teror bom yang terjadi di kawasan Sarinah, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI berencana segera menyusun kurikulum anti-teror di Indonesia. Pendidikan anti-teror akan dimasukkan dalam muatan lokal di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Hal ini akan diterapkan bagi SD atau madrasah hingga perguruan tinggi. Upaya ini diharapkan bisa mengurangi aksi teror.

2. Adanya khotbah dan ceramah agama yang positif.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: khunaharmuchtarhs.com

Hingga detik ini masih banyak anak bangsa yang terdoktrin untuk melakukan teror. Untuk mengatasinya, maka diperlukan ceramah positif. Ceramah ini menjelaskan kepada semua jamaah bahwa teror di agama manapun dilarang dan membunuh orang adalah dosa besar.

3. Mulailah sebarkan indahnya keberagaman pada lingkungan sekitar.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: bpblogspot.com

Jika tak bisa dimulai dari hal yang besar, maka mulailah dari hal-hal yang kecil. Misalnya membuat atau membangun komunitas-komunitas kecil yang bertujuan untuk mengkampanyekan perdamaian dan indahnya keberagaman. 

4. Belajar mengenai perdamaian dan keberagaman.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: static.com

Mempersenjatai diri dengan pengetahuan keagamaan yang baik adalah cara terbaik untuk membentengi diri dari tindakan terorisme. Penting sekali untuk memperdalam pengetahuan mengenai keberagaman dan perdamaian.

5. Menyaring segala informasi yang didapatkan. Jangan ditelan mentah-mentah!

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber gambar: youtube.com

Sebagai generasi muda yang sadar teknologi, tentunya masing-masing dari kita wajib untuk menyaring segala informasi yang kita dapatkan. Kenapa? Karena terorisme juga tidak ketinggalan dalam memanfaatkan media dan teknologi untuk menyebarkan paham kekerasan dan radikal kepada anak muda. Jadi kita harus pintar-pintar pula dalam menyaring informasi yang didapatkan.

6. Sosialisasikan bahaya dan dampak terorisme.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: ilmusocial.com

Dampak aksi teror memang sangat luar biasa. Oleh karena itu kita jangan sampai lupa untuk aktif sosialisasikan tentang hal ini. Masyarakat harus tahu apa itu terorisme, bahaya dan dampaknya, pola mereka merekrut anggota, bentuk dan pola aksi mereka, dan masih banyak lagi.

7. Selalu aktif melapor jika ada aktivitas radikalisme dan terorisme di lingkungan sekitarmu.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: viva.co.id

Kamu juga harus menjadi orang yang sadar lingkungan sekitar. Mulailah dengan berperan aktif dalam melaporkan gejala-gejala sekecil apapun yang mengarah pada radikalisme atau terorisme. Jika ada sesuatu yang mencurigakan laporkan saja kepada pihak yang berwajib.

8. Bekerja sama dengan pihak berwajib.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: liputan6.com

Supaya langkah mendeteksi dan mencegah aksi terorisme bisa dilakukan dengan maksimal, maka perlu adanya jejaring antara Pemda, Polri, Sektor Bisnis, Media, LSM dan Masyarakat melalui Crisis Centre, seperti TMC, Call Centre, dan sebagainya.

9. Meningkatkan kewaspadaan sehari-hari terhadap radikalisme. Ingat, waspada bukan curiga!

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: yukkitakepo.blogspot.com

Jangan mau dibohongi begitu saja dengan kata-kata yang mengandung unsur radikalisme. Tingkatkanlah kewaspadaan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak mudah terpengaruh dengan paham atau ajakan terorisme.

10. Pemerintah juga harus lebih tegas dalam mencegah dan menghukum tindakan terorisme.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: cdn.com

Pemerintah juga harus melakukan langkah yang tegas dalam rangka menanggulangi aksi terorisme. Hal ini akan membuat para pelaku jera dan berpikir dua kali sebelum melancarkan aksinya.

11. Bersama-sama membangun kesan bahwa kota kita aman dari terorisme.

Supaya Tidak Ada Lagi Tragedi Bom Sarinah, 11 Tindakan Ini Wajib Kita LakukanSumber Gambar: kompas.com

Dan yang paling penting adalah memberikan sugesti positif yang bisa dirasakan oleh banyak masyarakat. Misalnya memberikan image atau kepercayaan kepada masyarakat bahwa kota kita aman, nyaman dan bersahabat. 

Kedamaian dunia tidak hanya tergantung dari pemerintah atau pejabat negara, tapi juga tergantung dari masing-masing individu masyarakat. Nah, untuk mengurangi aksi terorisme dan radikalisme semakin merajalela, gak ada salahnya untuk menerapkan 11 hal ini sekarang juga. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya