Bulan Oktober 2016, Diperkirakan Harga BBM Premium Akan Turun Rp 300!

Lumayan...

Pemerintah telah menetapkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar pada Oktober 2016. Penetapan harga tersebut setelah adanya perhitungan dan analisa formula per tiga bulan yang ditetapkan Kementerian ESDM.

Bulan Oktober 2016, Diperkirakan Harga BBM Premium Akan Turun Rp 300!gresnews.com

Dilansir Liputan6.com, (30/9), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan harga Premium sesuai perhitungan mengalami penurunan sebesar 300 rupiah per liter dari 6.450 rupiah menjadi 6.150 rupiah per liter. Sedangkan, harga Solar mengalami kenaikan sebesar 600 rupiah per liter dari 5.150 rupiah menjadi 5.750 rupiah per liter.

Wiratmaja menegaskan penetapan harga ini akan mulai berlaku pada 1 Oktober 2016. Akan tetapi, pemerintah tengah membahas terlebih dahulu sebelum adanya pemberlakukan harga baru tersebut. Keputusan final per 1 Oktober akan segera dibahas dengan mempertimbangkan stabilitas ekonomi dan sosial, dan lain-lain.

Baca Juga: Bocah 6 Tahun Tewas Usai Ditembak Dua Petugas Polisi. Kenapa?

Pemerintah juga akan mengumumkan hasil evaluasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Bulan Oktober 2016, Diperkirakan Harga BBM Premium Akan Turun Rp 300!efektips.com

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan hasil evaluasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar pada 3 Oktober mendatang. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah yang masih menetapkan harga Premium dan Solar setiap tiga bulan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan penyesuaian harga tersebut dilakukan berdasarkan pergerakan harga minyak dunia. Namun pihaknya belum memproyeksikan berapa besar penurunan harga minyak tersebut.

Menurut Wianda, jika pemerintah telah menetapkan harga premium dan solar turun pada 1 Oktober 2016, maka penetapan tersebut akan diikuti oleh Pertamina. Untuk besarnya penurunan harga, Pertamina akan mengacu pada ketetapan pemerintah.

Sementara terkait dengan kenaikan harga Solar, Wianda mengungkapkan kenaikan tersebut menunjukkan indeks harga jenis BBM ini naik. Selama ini solar juga masih mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Konsumsi BBM premium mulai menurun.

Bulan Oktober 2016, Diperkirakan Harga BBM Premium Akan Turun Rp 300!hardtobesimple.deviantart.com

Di sisi lain, Wianda mengatakan bahwa konsumsi BBM jenis Premium dalam kurun tiga bulan terakhir ini mengalami penurunan. Pertamina mencatat, pada Juli lalu konsumsi Premium mencapai 64.400 kiloliter per hari. Sedangkan konsumsi pada Agustus lalu menjadi 55.400 kilolier per hari. Adapun, konsumsi rata-rata Premium per hari pada bulan ini merosot menjadi 50.500 per hari.

Penyebab penurunan konsumsi Premium ini adalah kemunculan varian baru BBM nonsubsidi Pertamina di tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan masukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLKI).

Salah satu produk BBM nonsubsidi yaitu Pertalite, diklaim konsumsinya meningkat dalam tiga bulan terakhir. Pada Juli lalu, konsumsi Pertalite rata-rata sebesar 14.700 kiloliter per hari. Sedangkan pada Agustus meningkat menjadi 19.200 kiloliter per hari. Begitu pula di bulan ini, konsumsi Pertalite sudah mencapai 25.200 kiloliter per hari.

Baca Juga: Sempat Diremehkan, Kini 7 Profesi Ini Justru Jadi Incaran Banyak Orang!

Topik:

Berita Terkini Lainnya