Cari Pekerjaan, Pria Ini Promosikan Diri di Jembatan Penyeberangan

Kalian yang lebih beruntung jangan mau kalah dengan Asrofi.

Memiliki pekerjaan sangatlah penting untuk menunjang kehidupan. Persaingan yang ada di dunia kerja saat ini membuat pekerjaan semakin susah didapatkan. Kondisi ini nampaknya dirasakan betul oleh Seorang pemuda asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Asrofi (21).

Entah putus asa atau sekadar cari sensasi, untuk mendapatkan pekerjaan tambahan, dia mempromosikan dirinya di sebuah jembatan penyeberangan orang. Foto tersebut pun kemudian viral dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen atau warganet.

Cari Pekerjaan, Pria Ini Promosikan Diri di Jembatan PenyeberanganTwitter.com/Josh

Dikutip dari Kompas.com, (11/7), dalam foto itu nampak Asrofi memegang secarik kertas yang bertuliskan "Saya membutuhkan pekerjaan part-time". Di sisi kertas lainnya, dia mencantumkan data dirinya serta nomor ponselnya.

Pada tanggal 9 Juli 2017 lalu, foto Asrofi beredar di sosial media berkat unggahan dari pemilik akun twitter bernama Josh (@cabbyjoey). Foto tersebut diduga diambil Asrofi di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) wilayah Grogol.

Usaha yang dilakukan oleh Asrofi nampaknya tidak sia-sia. Pemuda ini mengaku mendapatkan banyak tawaran pekerjaan usai foto viralnya beredar di media sosial. Sayangnya, banyak penawaran tersebut yang dia tolak karena perusahaan-perusahaan itu menginginkannya kerja full time

Siapakah Asrofi sebenarnya?

Cari Pekerjaan, Pria Ini Promosikan Diri di Jembatan Penyeberangankompas.com

Seperti apa sepak terjang kehidupan Asrofi sebenarnya? Kehidupan pria paruh baya ini cukup sederhana. Ibunya adalah seorang petani dan ayahnya bekerja sebagai tukang bangunan. Namun, ibunya sudah tak bisa lagi bekerja karena memiliki penyakit tumor otak.

Asrofi adalah lulusan SMK yang ingin mewujudkan mimpinya kuliah dan bekerja di Jakarta. Dia pun mengingatkan kepada rekan-rekan yang saat ini bisa kuliah dan dibiayai oleh orang tua untuk bersyukur. Pasalnya, dia saat ini harus kuliha dengan biaya dari hasil keringatnya sendiri.

Pemuda yang juga pernah merantau di Semarang ini mengaku awalnya dilarang pergi ke Jakarta oleh orang tuanya. Namun, sang ibu akhirnya mengizinkannya merantau karena melihat keinginan besar dari Asrofi.

Meski hanya lulusan SMK, Asrofi bukan tanpa pengalamannya. Mulai pegawai restoran, feelance make up, buruh pabrik, hingga tukang parkir pernah digelutinya.

Apa profesi Asrofi saat ini?

Cari Pekerjaan, Pria Ini Promosikan Diri di Jembatan Penyeberangankompas.com

Asrofi pun membeberkan bahwa profesinya saat ini adalah sebagai konsultan bisnis. Namun, dia tidak digaji. Pendapatan dia dapat dengan sistem target. Apabila sukses mendapatkan investor, barulah dia digaji dengan gaji pokok Rp 2 juta.

Selain itu, dia juga harus mampu mendapatkan minimal 2 klien. Tidak heran jika pria ini pun ingin lebih mendalami profesinya dengan berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Mercu Buana. Menurut Asrofi, hasil dari pekerjaan part time akan digunakannya untuk biaya kuliah. Pasalnya, orang tuanya sudah tidak mampu membiayainya kuliah.

Baca Juga: Padahal Halal, Tapi 10 Pekerjaan Ini Tak Pernah Muncul di Iklan Lowongan Kerja. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya