Comscore Tracker

Dianggap Memecah Belah, Ribuan Warga Surabaya Tolak Kedatangan Rizieq

Rizieq pun membatalkan kunjungannya

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab kembali mendapat penolakan dari sejumlah masyarakat. Kali ini penolakan terjadi di di Surabaya, Jawa Timur. Aksi ini dilakukan sekitar seribu orang yang mengatasnamakan diri mereka Forum Kerukunan Umat Beragama dan Kebhinnekaan (FKUB) di Masjid Al-Falah Surabaya dan Polda Jatim pada Kamis 26 Januari 2017 kemarin.

Dianggap Memecah Belah, Ribuan Warga Surabaya Tolak Kedatangan RizieqReno Esnir/ANTARA FOTO

Dikutip Tempo.co, (27/1), Rizieq ditolak karena dianggap sebagai simbol perpecahan umat beragama di Indonesia. Bahkan, aksi penolakan ini juga diklaim telah mewakili masyarakat Jawa Timur secara keseluruhan yang ingin menjaga kerukunan bersama. Mereka juga menolak adanya ormas yang dianggap intoleran dan memecah belah NKRI.

Rizieq dan ormasnya batal ke Surabaya.

Dianggap Memecah Belah, Ribuan Warga Surabaya Tolak Kedatangan RizieqHafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Rizieq Shihab yang awalnya berencana melakukan salat subuh berjemaah dengan sejumlah ormas di Surabaya pun membatalkan rencananya tersebut. Kepala bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera sebelumnya juga meminta agar Rizieq membatalkan kunjungannya ke Surabaya. Kendati Rizieq batal ke Surabaya, pihak kepolisian tetap menyiagakan personel Polrestabes Surabaya dan Polda sebanyak 400 orang untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Dilaporkan karena Bendera Negara Bertuliskan Huruf Arab, FPI Balik Salahkan Metallica. 

FPI bantah ketidakhadiran Rizieq karena adanya penolakan.

Dianggap Memecah Belah, Ribuan Warga Surabaya Tolak Kedatangan RizieqHafidz Mubarak A./ANTARA FOTO

Ketua FPI Jawa Timur Haidar al-Hamid juga menuturkan bahwa Rizieq dipastikan tidak bisa datang ke Surabaya. Pasalnya, Rizieq harus melayani undangan ceramah di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Dia pun menegaskan bahwa ketidakhadiran Rizieq di Surabaya bukan karena penolakan tersebut. Sebaliknya, dia mengklaim bahwa jumlah warga yang menolak lebih sedikit daripada yang mendukung. Jadi tidak masalah jika Rizieq ditolak. Pasalnya, itu semua merupakan bagian dari demokrasi.

Baca Juga: Bertemu Rizieq Shihab, Benarkah Anies Didukung FPI?

Topic:

Just For You