Comscore Tracker

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari Total

Fenomena langka yang hanya muncul 33 tahun sekali

Gerhana matahari merupakan kejadian saat matahari tertutupi oleh posisi bulan sehingga bumi akan menjadi gelap. Gerhana matahari total yang terjadi 9 Maret 2016 lalu cukup menarik minat banyak orang untuk menyaksikan secara langsung.

Gerhana ini bermula di Samudera Hindia dan berakhir di Lautan Pasifik dekat Hawaii Amerika. Selain itu, ada kejadian apa saja? Berikut adalah fakta-fakta mengenai gerhana matahari total 2016 yang terjadi di Indonesia.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang bisa melihat gerhana matahari total.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber gambar: sciencealert.com

Indonesia patut untuk bersyukur bisa melihat langsung gerhana matahari total yang terjadi pada 9 Maret 2016 ini. Pasalnya, hanya Indonesia satu-satunya negara yang bisa menyaksikan secara langsung gerhana matahari total.

Gerhana matahari total melintasi 12 provinsi di Indonesia.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber Gambar: buzzfeed.com

Di Indonesia gerhana matahari total melintasi 12 provinsi. Bermula dari Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah (Palangkaraya), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu) dan Maluku Utara (Ternate dan Maba).

Baca Juga: 13 Mitos Gerhana Matahari Total dari Berbagai Belahan Dunia

Sedangkan provinsi lain hanya melihat gerhana matahari sebagian.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber Gambar: liputan6.com

Sayangnya, jalur totalitas gerhana tidak bisa melalui semua kota di Indonesia. Masyarakat yang masih bisa melihatnya meski tidak total yaitu di Medan (77,6 persen), Denpasar (76,44 persen), Makassar (88,54 persen), Jayapura (73,79 persen). Sedangkan di Jakarta dan pulau Jawa bisa menyaksikan gerhana matahari sekitar 50-60 persen.

Waktu munculnya gerhana matahari di Indonesia bagian barat.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber Gambar: liputan6.com

Pada wilayah Indonesia bagian barat, gerhana mulai terjadi pagi hari sekitar pukul 06.20 WIB. Fenomena ini akan mencapai puncaknya pada 07.25 WIB. Lalu akan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Waktu munculnya gerhana matahari di Indonesia bagian timur dan tengah.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber Gambar: liputan6.com

Sedangkan di Indonesia bagian tengah, gerhana matahari total terjadi pada pukul 07.25 WITA. Sedangkan untuk Indonesia wilayah timur pada 08.36 WIT.

Masyarakat tak lagi jadi korban mitos bahwa gerhana matahari bikin buta.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber Gambar: twitter.com

Pada tanggal 9 Maret 2016, banyak orang yang keluar ruangan dan menyaksikan gerhana matahari. Dengan menggunakan kacamata khusus, mereka menyaksikan peristiwa langka tersebut tanpa rasa takut.

Masyarakat yang tak bisa menyaksikan gerhana matahari memilih mengandalkan TV online.

Hal-hal yang Kamu Lewatkan Saat Gerhana Matahari TotalSumber gambar: google.co.id/

Untuk orang yang tak bisa menyaksikan gerhana matahari secara langsung, mereka memilih untuk mengandalkan streaming. Hal ini terbukti dari banyaknya kata kunci "TV online" pada tanggal 9 Maret yang terekam melalui Google Trends.

Baca Juga: 25 Foto Gerhana Matahari Total yang Bikin Kamu Bilang "WOW!"

Topic:

Berita Terkini Lainnya