Hari Ini Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Rp 13.651 Per Dolar AS

Lagi-lagi nilai tukarnya tinggi.

Setelah Kamis lalu, kini pelemahan rupiah kembali terjadi. Nilai rupiah melemah dengan jumlah 36 poin. Nilai tukar rupiah hari ini menjadi 13.651 rupiah per dolar AS. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tukar kemarin yaitu 13.615 rupiah per dolar AS.

Salah satu pengaruh terbesar dari melemahnya nilai tukar rupiah adalah rencana Amerika Serikat yang akan menaikan suku bunga acuannya. Ditambah lagi, sejumlah investor yang lebih memilih untuk bermain aman di pasar saham.

Hari Ini Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Rp 13.651 Per Dolar ASSumber Gambar: poskotanews.com

Dilansir Antaranews.com, (30/10), The Fed telah memberikan sinyal bahwa AS akan menaikan suku bunga acuannya pada bulan Desember 2015 mendatang. Maka, para pelaku pasar pun semakin berhati-hati untuk memasukan aset mata uang yang beresiko. Dalam hal ini, mata uang yang paling beresiko adalah rupiah.

Hari Ini Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Rp 13.651 Per Dolar ASSumber Gambar: teropongbisnis.com

Menurut analisa PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong, kondisi ekonomi yang terjadi saat ini membuat sejumlah pelaku pasar melakukan pengurangan terhadap aset yang memiliki resiko tinggi mengalami tekanan.

Dirinya menghimbau agar pemerintah segera meluncurkan beberapa kebijakan yang memberikan kemudahan bagi para pelaku pasar untuk berinvestasi di Indonesia.

Hari Ini Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah Rp 13.651 Per Dolar ASSumber Gambar: kontan.com

Seperti yang dilihat saat ini, pemerintah tengah gencar mengeluarkan beberapa kebijakan ekonomi dalam rangka menstabilkan nilai tukar rupiah ke depannya. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya