Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20

Pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat Indonesia jadi pusat perhatian

Para pemimpin dunia yang tergabung dalam kelompok 20 ekonomi utama (G20) berkumpul di Hangzhou, Tiongkok. Puncak pertemuan G20 resmi dibuka di Hangzhou International Expo Center.

Dilansir Antara News, (5/9), upacara pembukaan diawali dengan kedatangan para pemimpin negara di lobi Hangzhou International Expo Center. Presiden Joko Widodo tiba sekitar pukul 14.49 waktu setempat dan disambut oleh protokol Republik Rakyat Tiongkok.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah: 10 Hal yang Berhasil Dilakukan oleh Jokowi Sebagai Presiden!

Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20setkab.go.id

Dengan menggunakan jas berwarna gelap dan berdasi merah, Jokowi berjabat tangan dengan Presiden RRT Xi Jinping selaku tuan rumah. Usai bersalaman, Presiden bersama dengan pemimpin negara lainnya mengikuti sesi foto bersama.

Selain 20 negara anggota, KTT kali ini juga diikuti oleh beberapa negara tamu, yakni Spanyol, Chad, Mesir, Kazakhstan, Laos, Senegal, Singapura dan Thailand. Tak ketinggalan, sejumlah pimpinan organisasi internasional maupun perwakilannya juga hadir, seperti PBB, Bank Dunia, Organisasi Buruh Internasional (ILO), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Dana Moneter Internasional (IMF), dan lainnya.

Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20republika.co.id

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengajak para pemimpin negara G20 untuk dapat merumuskan kebijakan yang efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang seimbang, kuat dan berkelanjutan. Sebab, kondisi ekonomi yang kini dihadapi oleh negara-negara G20 tidak jauh berbeda dengan apa yang dialami delapan tahun lalu. Banyak tantangan dan resiko yang dialami perekonomian global.

Presiden Joko Widodo sendiri mendapat kehormatan untuk menjadi pembicara utama pada sesi kedua gelaran kali ini. Apa saja yang dibicarakan Jokowi dan peran Indonesia dalam KTT G20?

Jokowi mendorong negara-negara G20 mendorong adanya komitmen berskala nasional.  

Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20rayapos.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong negara-negara kelompok G20 memiliki komitmen berskala nasional dan global dalam menyinergikan kebijakan fiskal, moneter dan reformasi struktural guna perbaikan ekonomi dunia.

Dalam sesi yang membahas tentang penguatan kebijakan dan koordinasi antara negara anggota, Jokowi juga berpesan agar negara-negara G20 saling bekerja sama dan menghindari kebijakan ekonomi yang menimbulkan dampak negatif di antara sesama anggota.

Untuk itu, anggota G20 harus meningkatkan komunikasinya. Selain itu, setiap kebijakan ekonomi harus memiliki agenda pertumbuhan yang solid dan inklusif.

Indonesia yang pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dibanding rata-rata pertumbuhan ekonomi negara G20 diyakini Jokowi mampu berperan besar dalam perkembangan ekonomi global. Sebab, pemerintah telah bertekad untuk menjaga perekonomiannya lebih terbuka dan kompetitif.

Inilah Isi Pidato Jokowi soal Peran Indonesia dalam KTT G20detik.com

Salah satu pilar yang coba diangkat dalam gelaran KTT kali ini ialah ekonomi digital. Terkait dengan itu, Jokowi berharap negara-negara G20 dapat memberikan asistensi dalam mengembangkan ekonomi digital di negara-negara berkembang.

Jokowi juga mengingatkan akan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Presiden juga mengajak negara-negara G20 untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam menyukseskan program pembangunan infrastruktur nasional.

Baca Juga: 9 Kelakuan Unik Putra Jokowi yang Bikin Orang Gregetan dan Makin Penasaran.

Topik:

Berita Terkini Lainnya