Comscore Tracker

Jelang Musim Hujan, Bulog Stok Beras Besar-Besaran

Diharapkan masalah kekurangan pasokan beras yang akan terjadi bisa diminimalisir.

Bulog Divisi Regional Jawa Tengah memprediksi bahwa menjelang musim hujan mendatang, potensi terjadinya bencana alam akan semakin besar. Oleh karena itu Bulog telah mempersiapkan stok yang cukup besar guna menanggulangi kekurangan beras.

Jelang Musim Hujan, Bulog Stok Beras Besar-BesaranSumber Gambar: tempo.co

Dilansir Antaranews.com, (30/10), pemerintah telah mempersiapkan Cadangan Beras Pemerintah  (CBP) sebagai antisipasi. Sesuai dengan ketentuan pemerintah, setiap kabupaten dan kota punya wewenang untuk mendistribusikan cadangan beras dengan jumlah maksimal 100 ton per tahun. Sedangkan untuk provinsi berwenang untuk menyalurkan cadangan beras 200 ton per tahunnya.

Jelang Musim Hujan, Bulog Stok Beras Besar-BesaranSumber Gambar: lensaindonesia.com

Mengenai jumlah yang diberikan, akan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat itu. Jumlah cadangan beras juga tergantung pada permintaan yang diajukan oleh Pemda. Selain itu, kualitas beras juga akan disesuaikan dengan mutu beras yang telah disalurkan kepada masyarakat pada tahun lalu. Sedangkan untuk beras miskin, pemerintah akan menggunakan beras dengan kualitas medium.

Jelang Musim Hujan, Bulog Stok Beras Besar-BesaranSumber Gambar: isukepri.com

Proses penyaluran akan dilakukan dua kali untuk masing-masing alokasi bulanan. Sesuai rencana awal, tahun ini penyaluran raskin telah dilakukan sebanyak 14 kali. Dengan adanya antisipasi yang dilakukan oleh Bulog, maka diharapkan masalah kekurangan pasokan beras yang akan terjadi bisa diminimalisir. Sehingga jumlah beras yang akan diperoleh oleh warga miskin dan warga terdampak bencana akan tersalurkan dengan baik.

Topic:

Berita Terkini Lainnya