Jokowi Bercanda dengan Bocah Ngapak, Begini Jadinya

"Nyong kencot"

Sejumlah hal unik kerap terjadi saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke daerah. Hal ini menunjukan bagaimana Jokowi adalah Presiden yang bisa “membumi” dengan masyarakat dari berbagai kalangan.

Hari Kamis 15 Juni 2017 lalu, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di sini ada sebuah adegan yang kocak terjadi saat presiden berdialog dengan seorang siswa SMP.

Jokowi Bercanda dengan Bocah Ngapak, Begini Jadinyawartakota.tribunnews.com

Dalam video yang beredar di You Tube, (16/6), nampak Jokowi awalnya meminta seorang bocah SD untuk mempratekkan beberapa jurus yang dimilikinya. Jokowi pun memuji anak yang bernama Tengku Niji Ramadhan tersebut. Selanjutnya, Jokowi kembali memanggil seorang pelajar lagi. 

Kali ini, yang maju adalah seorang siswa Sekolah Menengah Pertama bernama lengkap Razasfara Haidar Ramadhan. Dengan santai pula, orang nomor satu di Indonesia ini mengajak sang bocah berdialog di atas panggung. Jawaban dari sang bocah yang menggunakan dialek ngapak membuat warga yang menghadiri acara tersebut tak kuat menahan tawa. Apa saja yang mereka perbincangkan?

Jokowi diajari bahasa ngapak oleh bocah SMP.

Jokowi Bercanda dengan Bocah Ngapak, Begini Jadinyawartakota.tribunnews.com

Jokowi memulai perbincangan dengan menanyakan nama lengkap bocah SMP tersebut. Sang bocah pun menjawab bahwa nama lengkapnya adalah Razasfara Haidar Ramadhan. Pertanyaan pun dilanjutkan dengan nama panggilan dari sang bocah, "Raza atau Raja?" tanya Jokowi. Saat itulah si bocah menjawab dengan bahasa ngapak “pada bae”.

Presiden Jokowi pun tertawa mendengar jawaban dari sang bocah. Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga nampak tertawa terpingkal-pingkal di sisi kiri Jokowi.

Jokowi pun menanyakan apa arti dari “pada bae” yang diucapkan Raza. Dengan suara lantang, Raza menjawab bahwa arti kata tersebut adalah sama saja.

Kemudian, Jokowi kembali bertanya lagi. Dia menanyakan bahasa ngapak dari “saya lapar”. Raza pun menjawabnya, "nyong kencot." Kali ini tidak hanya Ganjar yang tertawa terpingkal-pingkal mendengar jawaban si bocah. Mensos Khofifah Indar Parawangsa dan Menkes Nila Moeloek pun terlihat tak bisa menahan tawa.

Baca Juga: Kepada AS, Jokowi Minta Persepsi Islam Sebagai Musuh Dihapus. 

"Kalau kenyang makan nasi bahasa ngapak-nya apa?" tanya Jokowi lagi. Dengan polosnya Raza menjawab "Nyong wareg mangan sega". Tawa warga pun kembali pecah karena tak kuasa menahan geli dengan jawaban dari Raza. Bahkan, Ganjar terlihat tertawa hingga membungkuk dan memegangi perutnya yang kegelian.

Presiden Jokowi juga membagikan Kartu Indonesia Pintar.

Tak lupa dalam kehadirannya tersebut, Jokowi juga membagikan Kartu Indonesia Pintar dan memberikan penjelasan tentang Program Keluarga Harapan dan Program Pemberian Makanan Tambahan. Jokowi juga mengingatkan kepada warga bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan memiliki keragaman dari berbagai suku dan budaya.

Baca Juga: Meski Ahok Kalah, Elektabilitas Jokowi Masih Tinggi. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya