Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korban

Jumlah pengungsi kian bertambah

Sebuah musibah tanah longsor terjadi di Kampung Anjung, Desa Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang. Dalam musibah ini, awalnya hanya lima orang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor yang menimpa dua rumah. Musibah tanah longsor tersebut terjadi setelah hujan mengguyur wilayah tersebut sejak Selasa 20 September 2016 sekitar pukul 15.00 WIB.

Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korbanilustrasi - sumedangekspress.com

Dilansir Kompas.com, (21/9), selain di lokasi ini, longsor juga melanda empat titik di jalur Bandung-Cirebon, tepatnya di jalur Cadas pangeran, Kecamatan Sumedang Selatan. Longsor ini juga membuat jalur Bandung-Cirebon sempat terputus. Upaya evakuasi dan pembersihan jalur terus dilakukan dengan melibatkan pihak terkait.

Baca Juga: Menjelajah Budaya Yogyakarta Melalui Explore Indonesia.

Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korbanilustrasi - rimanews.com

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dua korban meninggal dunia berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan. Kedua jenazah yang identitasnya belum diketahui tersebut langsung dibawa ke RSUD Sumedang.

Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap lima korban lainnya yang tertimbun longsoran tanah. Tidak hanya tanah longsor, musibah banjir juga melanda dua titik yaitu di Kampung Gunung Puyuh, Kelurahan Regolwetan, kecamatan Sumedang Selatan serta di Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara.

Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korbanilustrasi - republika.co.id

Jumlah rumah yang terendam di kedua titik tersebut masih dalam pendataan petugas terkait. Personil Polres Sumedang sudah berada di lokasi kejadian. Selain melakukan rekayasa arus lalu lintas, petugas juga menghimbau masyarakat untuk menjauhi TKP untuk menghindari longsor susulan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD untuk mendatangkan alat berat. ‪Sementara arus lalu lintas sudah mulai bergerak secara buka tutup.

Jumlah korban meningkat menjadi sepuluh orang dan diprediksi terus bertambah.

Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korbanilustrasi - sumedangekspress.com

Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Garut, sepuluh orang dinyatakan tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan, dan ratusan pengungsi terus berdatangan.

Hujan yang sangat deras menyebabkan air di Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri meluap. Ketinggian banjir mencapai ketinggian 1,5 meter hingga 2 meter. Awalnya pada hari Selasa pukul 20.00 WIB, banjir hanya setinggi lutut atau 50 sentimeter. Namun tiba-tiba debitnya naik tiga kali lipat dalam tiga jam.

Baca Juga: Nicky Hayden Dipastikan Kembali ke MotoGP dalam Balapan di Aragon!

Topik:

Berita Terkini Lainnya