Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di Indonesia

Seburuk itukah penerbangan di Indonesia?

Kecelakaan pesawat T50i yang terjadi baru-baru ini menambah daftar kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di Indonesia. Dalam kecelakaan yang terjadi di komplek Landasan Udara Adisucipto Yogyakarta ini, dua pilot tewas seketika yaitu Letkol Marda Sarjono dan Kapten Dwi Cahyadi. Pihak penyelidik masih memeriksa faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Sebetulnya, kedua pilot tersebut bisa saja menyelamatkan diri dengan menggunakan kursi loncat apabila dirasa kondisi pesawat sudah tidak aman. Tapi kenapa mereka tidak melakukannya? Apakah mereka sudah berupaya untuk melakukan penyelamatan tapi gagal karena malfunction?

Faktor apa saja yang memicu timbulnya kecelakaan pesawat?

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: tsatic.net

Ada dua faktor yang memicu kecelakaan yaitu faktor teknis dan faktor non-teknis. Terkait faktor teknis penyebabnya sudah jelas yaitu cuaca, infrastruktur penerbangan, kondisi pesawat dan juga human error. Sementara itu, untuk faktor non-teknis kemungkinan ada tiga penyebab kecelakaan yaitu regulasi pemerintah, kultur, struktur masyarakat, serta quality control. Sebetulnya semua itu bisa diatasi dengan melakukan kebijakan check up pesawat terlebih dahulu. Sebelum dioperasikan, sebuah pesawat harus menempuh prosedur check up supaya tingkat resiko kecelakaan bisa diminimalisir.

Dan yang kedua adalah karena human error. Terkait dengan permasalah ini bisa dihubungkan dengan buruknya sistem pendidikan untuk pilot. Hal ini yang memicu lahirnya SDM pilot yang kurang berkualitas.

Daftar kecelakaan pesawat dan helikopter TNI yang pernah terjadi di Indonesia.

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: tempo.co

Kecelakaan yang terjadi di Indonesia bisa dikatakan sering. Bahkan dalam satu tahun saja, pesawat hilang, pesawat tenggelam, dan pesawat jatuh selalu mengisi pemberitaan. Tak hanya pesawat militer, tapi juga pesawat komersial. Belum optimalnya penerbangan Indonesia tentu membuat kita semua khawatir. Jika ingin kembali mengingat-ingat, berikut ini beberapa kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di Indonesia selama ini. 

1. Kecelakaan Helikopter Puma H3306 milik Angkatan Udara di Lapangan Udara Atang Senjaya, Bogor, Jawa Barat Jumat 12 Juni 2009 sekitar pukul 14.00 WIB. Dua anggota TNI meninggal dunia.

2. Kecelakaan Helikopter TNI Angkatan Udara jenis Bolkow 105 buatan PT Dirgantara Indonesia jatuh di Kampung Cihanyawar, Desa Situhiang, Kelurahan Pagelaran, Cianjur. Peristiwa ini terjadi pada Senin 8 Juni 2009 sekitar pukul 15.20 WIB. Dua penumpang dan satu awak heli tewas, salah satunya Komandan Pusat Pendidikan Pasukan Khusus, Kolonel Inf. Ricky Samuel.

3. Pesawat Hercules C 130 jatuh dan terbakar di persawahan desa Geplak Kecamatan Karas Magetan 20 Mei 2009. Sebanyak 101 orang tewas dan 11 luka, korban mayoritas anggota TNI dan keluarganya.

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: beritasatu.com

4. Pesawat Fokker 27 jatuh dan terbakar di Hanggar Bandara Husein Sastranegara, Bandung pada 6 April 2009. Sebanyak 24 orang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut yakni enam awak pesawat dan 18 penumpang, termasuk 17 siswa Pasukan Khusus (Paskhas) Angkatan Udara.

5. Pesawat Cassa TNI AU A212-200 jatuh di kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat pada  26 Juni 2008. Sebanyak 18 penumpang tewas.

6. Helikopter latih TNI AU jenis Bell-47G Solo buatan tahun 1976 jatuh di ladang tebu Desa Wanasari, Subang pada 11 Maret 2008 . Satu orang tewas yakni Lettu Engky Saputra Jaya.

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: beritasatu.com

7. Pada tanggal 6 Januari 2008, heli berjenis Twinpack S 58 T Twinpack H-3406 jatuh setelah mesin mati di daerah Riau. Seorang warga negara Singapura, Robert Candra, tewas akibat peristiwa itu. Sementara itu, 9 penumpang lainnya mengalami luka serius.

8. Pada tanggal 30 Desember 2007, pukul 11.30 WIB . Pesawat milik TNI Angkatan Laut (AL) jenis Nomad jatuh di Perairan Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Lokasi jatuh pesawat berada di air di kawasan Aneuk Itam atau sekitar 200 meter dari Sabang. Dua orang tewas yaitu Serma Yudi Sumbawan dan Trianda.

9.  Pada tanggal 23 Juli 2007. Pesawat berjenis OV 10F Bronco mesinnya rudak dan meledak pasca tinggal landar di Lanud Abdurrahman Saleh, Malang Jatim. Sejumlah 1 orang tewas dan 2 orang terluka.

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: beritasatu.com

10. Pada hari Rabu, 19 Juli 2006 Sebuah pesawat milik TNI Angkatan Darat jenis Cassa 212-200 pukul 08.25 WIB terjatuh di Tambak Cilendek, Semarang dekat Bandara Ahmad Yani Kota Semarang.

11. Pada tanggal 21 Juli 2005, kecelakaan Pesawat CN-235 Alfa 2301 milik TNI AU jatuh di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe. Tiga personel TNI tewas dan Sultan Deli, Tuanku Othman Mahmud Perkasa Alamsyah tewas.

12. Pada tanggal 22 Februari 2005, kecelakaan Pesawat Cassa 212-200 Polri Kabupaten Sarmi, di dekat Bandara Mararena Papua. Korbannya sebanyak 15 orang tewas termasuk 4 kru.

Mengerikan! Ini 15 Kecelakaan Pesawat Tragis di IndonesiaSumber Gambar: liputan6.com

13. Pada tanggal 23 Desember 2004, kecelakaan Helicopter Super Puma TNI AU. Jatuh didesa Surgede Kecamatan Kejajar Wonosobo. Sebanyak 14 orang tewas termasuk instruktur penerbangan di sekolah penerbangan Lanud Adisucipto.

14. Pada tanggal 8 Januari 2001, kecelakaan Pesawat Cassa Nurtanio (CN) 212 TNI AL di Desa Selimo, Kurima, Kab. Jayawijaya, Irian Jaya. Pesawat ini jatuh dan menyebabkan 10 orang tewas termasuk korbannya adalah Pangdam VIII Trikora Mayjen TNI Tonny Rompis.

15.  Pada tanggal 5 Oktober 1991, kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU C 130 di Condet Jakarta Timur. Pesawat jatuh setelah mesin mati. Sebanyak 135 orang tewas, mayoritas anggota Pashas TNI AU dan tiga warga sipil.

Topik:

Berita Terkini Lainnya