Menkominfo Himbau Produsen Gadget Bikin Ponsel 4G Seharga Rp 600.000

Demi terwujudnya program broadband nusantara.

Banyak jenis ponsel 4G yang kini beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi mencapai 1 jutaan rupiah. Akan tetapi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara berharap harga ponsel 4G bisa lebih murah lagi.

Dilansir Kompas.com, (16/11), Rudi berharap dalam tiga tahun kedepan harga ponsel bisa turun sampai dengan 600.000 ribu rupiah. Hal tersebut diungkapkan olehnya dalam acara pelepasan kontingen Apicta (Asia Pacific ICT Awards) Indonesia ke Sri Lanka. Dalam rangka mewujudkan broadband nusantara, pemerintah menghimbau adanya ponsel 4G murah. Sehingga bisa memudahkan pemerintah dalam mewujudkan program tersebut.

Menkominfo Himbau Produsen Gadget Bikin Ponsel 4G Seharga Rp 600.000Sumber Gambar: chip.com
Sesuai dengan aturan TKDN, ponsel-ponsel 4G tersebut juga harus dirakit dalam negeri. Lenovo menjadi salah satu vendor global pertama yang merakit ponsel 4G di Indonesia. Dua ponsel yang mereka ciptakan adalah Lenovo A2010 dan A6010. Harganya pun juga berkirasan hanya 1,5 juta Rupiah.
Menkominfo Himbau Produsen Gadget Bikin Ponsel 4G Seharga Rp 600.000Sumber Gambar: cdn.com

Menteri Perindustrian Indonesia, Saleh Husin juga mengkonfirmasi bahwa saat ini ada sekitar 16 merek smartphone yang sudah mencapai kandungan lokal sebanyak 20 persen. Merek tersebut antara lain adalah Evercoss, Polytron, Mito, Advan, SPC, Axioo, Asiafone, Gosco, Oppo, Samsung, Huawei, Haier, Ivo, Smartfren, Lenovo, dan Bolt.

Topik:

Berita Terkini Lainnya