Musim Hujan Mendekat, Waspada Serangan Demam Berdarah

Masa puncak di bulan Januari dan Februari.

Awal tahun 2016 nanti diperkirakan kasus demam berdarah akan merebak. Pasalnya musim penghujan akan masuk dalam masa puncak di bulan Januari dan Februari. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan strategi yang tepat supaya bisa terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan kematian tersebut.

Musim Hujan Mendekat, Waspada Serangan Demam BerdarahSumber Gambar: udoctor.com

Dilansir Kompas.com, (17/11), Upik Kusumawati Hadi, Profesor dari Divisi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Fakultas Kedokteran IPB mengatakan bahwa musim penghujan adalah musim banyak genangan air. Genangan ini bisa dimanfaatkan para nyamuk untuk menyimpan telurnya.

Genangan air memang adalah tempat yang paling disukai oleh nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, Hadi menyarankan untuk menguras dan menutup tempat penampungan air serta mengubur barang bekas guna mencegah bersarangnya nyamuk di rumah.

Musim Hujan Mendekat, Waspada Serangan Demam BerdarahSumber Gambar: awalbro.com

Selain itu, ada juga tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk untuk bertelur, antara lain adalah genangan dispenser air minum, vas bunga, tempat minum burung dan lain-lain.

Musim Hujan Mendekat, Waspada Serangan Demam BerdarahSumber Gambar: cdn.com
Dalam 30 tahun terakhir ini, kasus demam berdarah menjadi sebuah polemik yang berbahaya. Pasalnya, jumlah pasien yang terjangkit penyakit meningkat tajam. Untungnya, jumlah korban meninggal mulai menurun karena penanganan terhadap penyakit ini kian lama kian membaik.

Topik:

Berita Terkini Lainnya