Pembacokan Dosen ITB Tidak Berkaitan dengan Kasus Rizieq

Diduga hanya karena emosi mobilnya bersenggolan.

Pakar IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Hermansyah tidak pernah menyangka bahwa pada hari Minggu 9 Juli 2017 lalu dia akan diserang secara brutal oleh lima orang tak dikenal. Akibat tindakan pengeroyokan tersebut, dia pun mengalami luka tusuk yang serius pada tubuhnya.

Pembacokan Dosen ITB Tidak Berkaitan dengan Kasus RizieqIstimewa via Republika.co.id

Berbagai dugaan tentang motif pembacokan itu pun muncul. Bahkan, beberapa pihak menghubungkannya dengan dengan kasus dugaan chat mesum yang melibatkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Apalagi, Hermansyah sempat viral usai menghadiri acara Lawyers Club di Tvone bulan lalu. Dalam acara tersebut, Hermansyah menyebutkan ada oknum yang secara tidak sah menguasai akun Whatsapp milik Rizieq. Dia juga menilai chat tersebut adalah hasil rekayasa. 

Bahkan, Hermansyah sejatinya akan menjadi saksi ahli dalam kasus yang melibatkan Firza Husein tersebut. Hal tersebut dibenarkan oleh hukum Rizieq, Kapitra Ampera.

Pihak kepolisian menyangkal kasus ini berhubungan dengan kasus Rizieq Shibab.

Pembacokan Dosen ITB Tidak Berkaitan dengan Kasus RizieqApriyadi/Okezone.com

Kepada BBC.com, (10/7), Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan bahwa kasus ini tidak ada kaitannya dengan kasus Rizieq Shihab. Polisi lebih melihat bahwa kasus pembacokan tersebut terjadi lantaran aksi adu kebut di tol Jagorawi. 

Andry menduga bahwa insiden itu terjadi karena Hermansyah terlibat adu kebut dengan sekelompok orang di dalam mobil sedan. Akibatnya mobil mereka pun bersenggolan. Mobil Hermansyah pun dipaksa menepi oleh pelaku.  Keluar dari mobil, bukannya berbicara baik-baik, pelaku dan rekan-rekannya malah langsung membacok Hermansyah berkali-kali dan langsung melarikan diri.

Baca Juga: Ini Dia Kronologi dan Identitas Pelaku dari Teror Bom dalam Gereja di Medan!

Hingga saat ini Polres Jaktim masih terus mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi, salah satunya adalah Iriana, istri Hermansyah yang saat itu berada di TKP. Akibat penyerangan ini, alumni ITB 1989 tersebut harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Rizieq Shihab angkat bicara terkait kasus yang menimpa Hermansyah.

Pembacokan Dosen ITB Tidak Berkaitan dengan Kasus RizieqKritianto Purnomo/Kompas.com

Kasus ini pun membuat Rizieq Shihab ikut berkomentar. Melalui pengacaranya, Sugito Atmo Pawiro, Rizieq yang saat ini berada di Arab Saudi mengimbau kepada umat Islam untuk tidak terprovokasi atas kejadian pembacokan yang menimpa Hermansyah tersebut. Dia pun meminta kepada pihak yang berwajib agar mencari, memburu dan menangkap para pelaku kejahatan tersebut

Selain itu, Rizieq mengaku khawatir kasus ini menjadi cara bagi sekolompok orang untuk mengadu domba umat Islam. Dia pun mengecam keras terjadinya peristiwa ini.

Baca Juga: 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui Soal Teror Bom di Depan Gereja Samarinda. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya